Sebagai cara promosi bisnis online yang efektif, Google Ads kini menjadi andalan banyak orang. Hal ini karena dengan menggunakan Google Ads jangkauan yang dicapai bisa lebih luas lagi dan besar harapan bisa menaikkan penjualan suatu bisnis. Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menikmati layanan ini. Nah karena melibatkan sejumlah biaya iklan adwords yang terkadang tidak sedikit, kita perlu mengetahui seluk beluk Google Ads terutama jenis iklan Google Ads sehingga tujuan dalam beriklan bisa tercapai.
Ada lima jenis iklan Google Ads, yakni Google Search Network, Google Display Network, Google Shopping, Google Video, hingga Google Aplikasi atau Google Play. Pemilihan dan pemanfaatan dari masing masing jenis iklan atau kampanye ini sangat menentukan tempat pelanggan ataupun audiens sasaran bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini jenis iklan Google Ads yang wajib Anda ketahui sebelum Anda menggunakan layanan Google Ads.
Table of Contents
Jenis Iklan Google Ads
Google Search Network
Jaringan penelusuran Google merupakan sekumpulan situs maupun aplikasi yang memiliki hubungan serta relevansi dengan hasil pencarian tertentu. Ketika Anda menggunakan jenis iklan ini, iklan Anda akan muncul ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci tertentu.
Misalkan saja ketika ada seseorang yang mencari menggunakan kata kunci “Jasa SEO” maka mesin pencari akan memunculkan beberapa iklan dengan kata kunci tersebut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.
Google Display Network
Google Display Network atau jaringan display merupakan salah satu jenis digital campaign di Google Ads yang bisa menjangkau target market menjadi lebih luas lagi. Biasanya, iklan jenis ini akan muncul ketika seseorang mengunjungi situs – situs favorit, saat seseorang menggunakan aplikasi aplikasi tertentu pada perangkat mobile, maupun saat memeriksa Gmail.
Bentuk dari iklan ini lebih responsif dan menarik sehingga mampu memancing engagement. Jika menggunakan iklan jenis ini, perhatikan dari segi estetikanya ya karena sangat memiliki pengaruh yang besar. Berikut ini contohnya :
Google Shopping
Google Shopping lebih menkankan pada visualnya. Visual tersebut bisa berupa foto, judul yang menarik, nama toko, harga produk dan yang lainnya. Audiens akan tahu mengenai gambaran umum mengenai produk ketika Anda menggunakan kampanye jenis ini.. Dengan demikian, semakin besar kemungkinan untuk membeli barang tersebut.
Dengan menggunakan jenis iklan Google Shopping, Anda juga bisa menjangkau calon customer lebih luas sehingga berdampak pada pendapatan yang meningkat. Di bawah ini contoh dari iklan Google Shopping :
Google Video
Pernahkan Anda membuka YouTube lalu terdapat iklan yang ada begitu Anda mengkliknya? Iklan tersebut sering disebut dengan iklan Google Video. Jenis iklan yang satu ini sangat memungkinkan Anda untuk secara mandiri mengatur pengaturan terhadap iklan video yang ingin Anda tayangkan. Contoh dari iklan jenis Google Video ini adalah sebagai berikut :
Google Play
Pada jenis iklan yang satu ini, Anda tidak bisa bebas mengatur iklan yang Anda inginkan. Namun jangan khawatir, Google akan membantu dalam mengatur iklan Anda. Jadi, Google akan menggunakan iklan Anda berupa teks serta aset aset pendukung lainnya, kemudian Google akan mendesainkan beberapa jenis iklan dalam berbagai format.
Oleh karena hal tersebut, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal mulai dari teks ide iklan, bid, hingga anggaran awal. Untuk contoh iklan Google Play sebagai berikut :
Nah setelah mengetahui jenis iklan Google Ads, pastinya Anda sudah mulai menyusun strategi iklan di Google Ads bukan? Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengonsultasikan dengan Jasa Google Ads terpercaya pilihan Anda.
Komentar Terbaru