Ada banyak cara untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis di internet. Salah satu caranya adalah dengan beriklan. Sama seperti iklan offline yang jenisnya bermacam – macam, jenis iklan di internet juga memiliki banyak macamnya. Sebelum mengetahui apa saja jenis iklan di internet, yuk sama – sama simak terlebih dahulu apa saja kelebihan menggunakan iklan online.
Table of Contents
Kelebihan Menggunakan Iklan Online
Analisa yang Mudah
Dengan menggunakan iklan online, Anda bisa leluasa untuk menganalisa iklan yang Anda buat. Anda bisa dengan jelas memantau keefektifan iklan yang Anda buat mulai dari jangkauan, biaya, target maupun yang lainnya.
Murah Harganya
Biaya yang terjangkau adalah keuntungan yang selanjutnya dari beriklan online. Bahkan, jika Anda menggunakan Google Ads, biaya iklan Google Ads bisa diatur sesuai dengan kemampuan Anda. Ya, Google Ads memang pengiklan berbayar yang sangat fleksibel urusan harga.
Formatnya Ada Banyak
Selain dua keunggulan tadi, keunggulan yang selanjutnya dari menggunakan iklan online adalah format yang disediakan ada banyak. Format tersebut bisa berupa gambar, tulisan, video maupun kolaborasi ketiganya.
Kelebihan ini tentu saja baru sebagian kecilnya ya, karena nyatanya masih ada banyak sekali kelebihan – kelebihan menggunakan iklan online yang lain. Sesuai topik yang disinggung di atas, di bawah ini merupakan jenis iklan di internet yang umumnya digunakan oleh orang – orang. Apa saja? Ini alasannya!
Jenis Iklan di Internet
Paid Search
Sejak adanya mesin pencari, apapun rasanya bisa ditemukan dengan mudah mulai dari bacaan, jurnal ilmiah, berita dan yang lainnya. Paid search dapat ditemukan di berbagai mesin pencari mulai dari Google, Yahoo, maupun Bing. Namun yang paling banyak penggunanya untuk saat ini adalah Google.
Google Ads adalah layanan beriklan dari Google, dulunya Google Ads bernama Google Adwords. Dengan memanfaatkan layanan dari Google ini, website yang Anda miliki berada di halaman satu Google dengan mudah. Jenis iklan Google Ads juga ada banyak, tinggal disesuaikan saja dengan tujuan dan goals beriklan di Google Ads ingin yang mana.
Paid Social
Tak hanya bisa beriklan di internet melalui mesin pencari, beriklan melalui sosial media juga efektif. Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest adalah contohnya. Beriklan di media sosial sangat memungkinkan untuk menargetkan secara spesifik mengenai calon – calon pelanggan berdasarkan kategori – kategorinya seperti menurut tingkat pendidikan, menurut usia, dan yang lainnya.
Kini orang – orang paling banyak menggunakan Instagram maupun Facebook. Pengguna Twitter di Indonesia mencapai 40% meskipun jarang yang beriklan di sini. Anda bisa beriklan dalam bentuk video, teks, gambar atau gabungan ketiganya sekaligus.
Video Marketing
Jenis iklan ini sangat cocok untuk digunakan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Ada banyak ide konten untuk beriklan menggunakan video marketing, beberapa contohnya adalah video produk, demo produk, vlog dan yang lainnya.
Email Marketing
Dengan bantuan internet, Anda juga bisa beriklan melalui email. Pengiriman pesan secara komersil berupa berita atau promosi apapun adalah bentuk dari email marketing. Meskipun kuno, tapi cara ini efektif. Dengan email marketing, kita bisa menjaring banyak pelanggan.
Remarketing
Sering kali ada pengguna yang mengunjungi website kita tanpa melakukan pembelian. Salah satu cara untuk membuat pengguna tersebut melakukan pembelian adalah dengan melakukan remarketing. Remarketing bisa membuat pengguna melihat iklan di mana saja. Mulai dari Google maupun sosial media. Hal ini karena pengguna sebelumnya pernah mengunjungi web Anda.
Itulah tadi jenis iklan yang ada di internet. Dengan mengetahui jenis – jenis iklan ini tentu makin banyak bukan yang menjadi pilihan Anda dalam beriklan.
Komentar Terbaru