Google Ads memang menjadi salah satu platform untuk beriklan yang paling menguntungkan untuk saat ini. Jelas, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengiklankan di Google Ads seperti traffic yang meningkat, meroketnya penjualan dan yang lainnya. Namun, dibalik banyaknya keuntungan beriklan di Google Ads, terdapat kendala Google Ads seperti iklan Ads yang tidak tayang.
Iklan Ads tidak tayang tentu saja membuat kita panik bukan? Tapi tenang dulu, jangan panik terlebih dahulu! Anda perlu untuk tahu penyebabnya. Sebelum mengetahui penyebabnya, ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu.
Hal – hal tersebut seperti walaupun search term yang digunakan sama persis dengan kata kunci target, iklan tidak selalu muncul setiap kali Anda mengetikkan kata kunci di Google karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti budget, rangking, dan yang lainnya.
Mari kita lihat apa saja yang bisa menjadi alasan iklan di Google Ads tidak tayang. Simak ulasannya di bawah ini ya!
Table of Contents
Penyebab Iklan Ads Tidak Tayang
Pencarian Kata Kunci yang Rendah
Pemilihan kata kunci tampaknya memiliki peranan yang cukup besar. Ya, pemilihan kata kunci yang kurang sesuai bisa membuat sebuah iklan tidak muncul atau bahkan tidak tayang. Target kata kunci dengan search volume yang sedikit memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa tayang dan umumnya terdapat peringatan “low search volume” pada kolom status keyword.
Penagihan yang Kadaluarsa
Penyebab iklan Ads yang tidak muncul selanjutnya adalah penagihan yang kadaluarsa. Anda dapat memeriksanya, umumnya di dashboard Google terdapat peringatan jika penyebabnya adalah penagihan yang kadaluarsa. Solusi untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan membayar tagihan iklan Google Ads.
Bid yang Rendah
Penyebab yang selanjutnya adalah bid yang rendah. Bid yang Anda tawarkan saat beriklan di Google Ads yang rendah tentu mempengaruhi performa dari iklan. Tips yang bisa digunakan adalah dengan memasang bid di tengah – tengah. Gunakan tools Google Keyword Planner untuk mengetahui perkiraan bid tertinggi dan bid terendahnya.
Terbatasnya Anggaran Harian
Jika status anggaran harian Anda terbatas atau terdapat tulisan “limited by budget” berarti iklan Anda tidak ditayangkan setiap saat karena Google Ads mencoba untuk menyebarkan anggaran sepanjang hari untuk mendapatkan kinerja yang paling baik.
Saldo Tidak Mencukupi
Jika Saldo di Google Ads Anda akan habis umumnya akan berdampak pada performa iklan yang sedikit menurun pula. Iklan tidak tayang dikarenakan saldo tidak mencukupi tentu saja bisa menjadi penyebab iklan Ads tidak tayang. Agar menghindari masalah ini, cek secara berkala saldo Google Ads Anda di laman “billing”.
Penargetan Lokasi
Penargetan dalam Google Ads dapat dilakukan berdasarkan lokasi. Itu artinya, iklan tidak akan muncul selain di lokasi tertarget. Iklan umumnya muncul berdasarkan IP internet Anda sehingga ketika Anda mengecek iklan dengan lokasi yang berbeda (tidak sama dengan setting iklan Google Ads) maka iklan tidak akan muncul.
Status Iklan Under Review
Jika status iklan masih tertulis under review, tampaknya Anda harus bersabar. Umumnya Google memerlukan waktu 1 x 24 jam untuk bisa menayangkan iklan. Jika sudah melebihi waktu ini, sangat disarankan untuk menghubungi pihak Google Ads untuk menanyakan lebih lanjut.
Iklan Ditolak
Iklan yang ditolak tentu saja tidak bisa muncul atau tayang bukan? Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa iklan bisa ditolak seperti melanggar kebijakan, terdapat kata – kata yang menyalahi aturan dan yang lain – lain. Segera benahi terlebih dahulu agar iklan Ads Anda tidak ditolak.
Penolakan Kata Kunci
Jika iklan tidak muncul atau tidak tayang karena masalah yang satu ini, mungkin saja kata kunci yang menjadi target Anda adalah kata kunci yang dilarang oleh kebijakan Google. Kata kunci yang dilarang adalah kata kunci yang berkaitan dengan senjata api, obat – obatan, pornografi, kembang abi, minuman keras dan lain sebagainya.
Penjadwalan Iklan
Penjadwalan iklan yang kurang bagus juga bisa membuat iklan tidak muncul atau tidak ditemukan. Untuk itu, periksalah jadwal iklan pada penjadwalan Anda baru cek apakah iklan tersebut sudah berjalan atau belum.
Nah itulah beberapa penyebab yang menyebabkan iklan di Google Ads tidak muncul. Untuk mengecek iklan Google Ads, Anda juga bisa menggunakan tools seperti Ads Diagnostic Tools atau Google Adpreview.
Komentar Terbaru