
Salah satu hal penting di dalam SEO agar bisa mencapai tujuannya adalah konten. Untuk membuat konten untuk website SEO ada pedoman khususnya atau tidak? Mari kita ketahui serba – serbi mengenai konten.
Table of Contents
Apa itu Konten dalam SEO?
Secara sederhana, konten SEO merupakan sebuah konten online yang dirancang untuk mendapat peringkat di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, Bing, dan yang lainnya). Konten yang ditulis biasanya dioptimalkan untuk sebuah kata kunci. Banyak digital marketer mengatakan bahwa konten adalah “raja”. Konten merupakan kunci untuk bisa menduduki tempat terbaik di SERPs.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh HubSpot, melaporkan bahwa bisnis yang secara teratur menerbitkan posting blog mendapatkan lalu lintas 350% lebih banyak daripada sebuah bisnis yang tidak mempublikasikan konten secara teratur. Google sendiri bahkan pernah mengatakan bahwa konten sangat berperan penting untuk menjadi faktor kesuksesan SEO.
Cara Menulis Konten untuk Website SEO

Pilih Topik
Hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam membuat konten untuk SEO adalah memilih topik. Pilihlah topik yang masih satu niche dengan bisnis Anda namun yang user butuhkan. Ada tiga sumber yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih topik yaitu :
- Reddit, Anda bisa mencari referensi topik dari Reddit. Carilah topik yang cenderung banyak orang – orang bahas (yang sesuai niche). Topik jenis ini umumnya bisa menjadi salah satu topik yang memiliki traffic yang tinggi ketika dibahas dalam sebuah postingan blog atau video.
- Blog Milik Kompetitor, Anda juga bisa menjadikan blog milik kompetitor sebagai referensi untuk topik Anda. Namun sangat dilarang, jika niat Anda adalah untuk melakukan plagiarisme.
- Persona, Persona adalah sebuah “data” menyangkut customer. Dengan memahami dan memiliki persona, Anda jadi tahu gambaran topik apa untuk customer Anda.
Cari Keyword yang Tepat
Keyword tidak bisa lepas dari SEO. Penempatan keyword harus baik dalam konten agar situs Anda tidak Google anggap melakukan salah satu black hat SEO yakni keyword stuffing. Untuk menemukan keyword, tentu saja Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.
Anda bisa menggunakan long tail keyword dengan mencarinya di Google Suggestion. Anda bisa menemukan kata kunci yang sedang banyak orang cari pada saat itu namun tingkat kompetisinya masih sedikit karena jenis keyword yang digunakan adalah long tail keyword.
Selain itu, Anda juga menggunakan tools seperti Ubersuggest. Tools ini gratis Anda gunakan untuk menemukan ide – ide kata kunci terbaru. Tools ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut setiap bulannya.

Tulis Konten yang Komprehensif
Ini adalah salah satu “rahasia” SEO. Memperhatikan kualitas konten saja tidak cukup. Anda harus membuat konten Anda menjadi “the best result” untuk kata kunci yang Anda optimalkan. Umumnya, konten yang komprehensif memiliki jumlah kata – kata yang jauh lebih banyak. Faktanya, Top 10 ranking di Google memiliki rata – rata sekitar 1.447 jumlah kata pada postingannya. Meskipun konten yang Anda buat disarankan panjang, namun isinya juga harus berkualitas.
Optimasikan Konten untuk User
Konten untuk website SEO harus dioptimasikan untuk user. Sebaik apapun SEO situs Anda jika konten tidak mudah untuk dibaca, hal tersebut tidak akan berarti apa – apa (bahkan Google tidak akan memasukkan pada peringkat 10 teratas). Berikut ini beberapa tips optimasi konten untuk user :
- Buat konten dengan kata – kata yang pendek, sebuah penelitian menunjukan jika user enggan membaca tulisan yang terkesan “menumpuk” tidak ada space.
- Tambahkan multimedia, Agar konten Anda lebih menarik, Anda bisa menambahkan gambar, video, diagram, atau infografis lainnya. User jauh lebih mudah untuk memproses sebuah visual daripada tulisan.
- Gunakan heading, Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan headings. Dengan penggunaan headings yang benar, user tidak perlu membaca tulisan sampai habis agar tahu maksud dari sebuah postingan blog. Gunakan subheading setiap 200 kata – 300 kata.
Optimasikan Keyword dalam Konten

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memperhatikan keyword dalam konten Anda. Seperti yang telah di-mention di atas, penempatan keyword sangat penting. Letak focus keyword umumnya berada di awal paragraf, pengulang setiap 250-300 kata, dan di akhir kalimat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan keyword untuk dijadikan sebagai internal link. Jangan lupa juga untuk menambahkan kata kunci yang Anda pakai di SEO title, meta description dan judul.
Share di Social Media
Ini saatnya untuk Anda mempromosikan situs Anda. Social media yang dipakai untuk mempromosikan konten Anda sebenarnya tergantung topik itu sendiri. Misalkan saja topiknya memasak, maka “tempat” promosi yang tepat bisa menggunakan Instagram atau bahkan Pinterest.
Jangan Lupakan Link Building
Salah satu faktor yang mendongkrak rangking di mesin pencari adalah backlink. Maka dari itu, backlink sangat penting keberadaannya. Pertanyaannya, bagaimana cara pemilik website mendapatkan backlink yang berkualitas. Ada banyak sekali caranya. Mulai dari guest post atau bahkan membeli backlink di Jasa Penyedia Backlink Website.
Analisa Hasil
Langkah terakhir adalah menganalisa hasil atau step – step yang sudah Anda lakukan di atas. Anda bisa menganalisanya menggunakan Google Analytics atau bahkan Google Search Console. Tapi, satu hal yang harus Anda ingat, SEO membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil.
Kesimpulan
Nah itulah pengertian dan bagaimana cara membuat konten untuk website SEO. Mungkin memang sedikit merepotkan bagi siapa saja yang baru dalam membuat konten untuk SEO. Tapi tenang saja, kini sudah ada Jasa Penulis Artikel SEO yang siap membantu Anda untuk menyediakan konten.
Komentar Terbaru