Situs website milik Anda mungkin memiliki peringkat satu, namun hal ini tidak berlaku selamanya. Seiring berjalannya waktu situs website lain yang mana kebanyakan adalah pesaing bisa saja mengalahkan Anda. Inilah sebabnya analisis kompetitor dalam SEO sangatlah penting untuk dipelajari.
Banyak bisnis mengabaikan analisa kompetitor begitu saja karena berpikir mereka telah melakukan yang terbaik. Namun, sebaiknya gunakan analisa kompetitor sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil jadi jauh lebih baik lagi. Data – driven marketing strategy seperti analisa persaingan kata kunci dalam SEO dapat membantu Anda untuk mempelajari teknik yang dimiliki oleh pesaing. Anda dapat menganalisa mana yang terbaik dan menerapkan pada campaign milik Anda sendiri.
Table of Contents
Apa Itu Data Driven Marketing Strategy dalam SEO?
Data Driven Marketing atau dalam Bahasa Indonesia sering disebut juga dengan pemasaran berbasis data itu berarti bahwa setiap keputusan yang telah dibuat dalam campaign digital marketing didasarkan pada data yang dikumpulkan dari sebuah riset atau data yang telah dilakukan. Sebagian besar data ini adalah tentang audiens target bisnis atau pelanggan yang sudah ada. Analisa pencarian kata kunci yang tepat adalah salah satu bentuk dari data driven marketing strategy. Tujuan utama dari data driven marketing strategy adalah memastikan bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan sesuai dengan keinginan pelanggan.
Apa itu Analisis Kompetitor di SEO?
Secara sederhana, analisis kompetitor yang ada di SEO adalah perbandingan antara dua situs yang bersaing dalam industri atau bisnis yang serupa. Kompetitor analisis bisa berupa : keyword, backlink, keyword gap analysis hingga top content analysis. Analisa kompetitor bisa dibilang cukup efektif dan efisien karena tidak perlu riset dari awal terlebih dahulu. Anda hanya tinggal mengintip milik kompetitor lalu terapkan dalam campaign Anda. Lebih efisien lagi, umumnya digital marketer juga menggunakan tools yang memang berguna untuk menganalisa kompetitor seperti Ahrefs, SEMRush, sehingga MOZ.
Cara Menganalisa Kompetitor
Identify Siapa Kompetitor Anda
Langkah pertama dalam menganalisa kompetitor adalah mengidentifikasi siapa kompetitor Anda yang sebenarnya. MOZ sangat merekomendasikan untuk mempelajari siapa pesaing sejati Anda dalam hal kata kunci karena tidak semua yang memakai kata kunci tersebut adalah pesaing yang sebenarnya.
Anda harus jeli dan teliti dalam proses ini. Anda bisa mencatat 10 atau 20 halaman situs teratas yang muncul secara konsisten untuk dianalisa. Atau Anda bisa menggunakan tools gratis seperti Ubersuggest atau jika ingin data yang jauh lebih lengkap, Anda bisa menggunakan Ahrefs tapi harus membayar langganan.
Page Analysis
Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui siapa kompetitor Anda adalah melihat mana halaman yang bekerja paling bagus, kata kunci apa yang digunakan dalam halaman tersebut, dan bagaimana konten yang digunakan. Proses ini juga sering disebut dengan Keyword Gap.
Tahap analisis SEO ini adalah di mana Anda menemukan kata kunci yang di ranking oleh kompetitor namun belum ada di halaman Anda. Pada tools Ahrefs umumnya terdapat fitur yang disebut dengan “Content Gap” dimana fitur ini membantu Anda untuk melihat keyword – keyword yang digunakan oleh pesaing. Selain melihat dari keyword gap, Anda juga bisa lihat dari sisi backlink milik kompetitor di tools yang satu ini.
Focus Gunakan Keyword dengan ROI yang Tinggi
Jika kompetitor Anda adalah bisnis yang sudah populer, tentu saja keyword yang digunakan ada banyak. Ya, karena anggaran yang mereka gunakan juga banyak. Apakah Anda harus me-rangking semua kata kunci tersebut? Jawabannya tentu tidak. Pilihlah keyword yang memiliki ROI yang tinggi.
Buat Content Plan
Nah jika Anda sudah mengumpulkan data – data yang sudah Anda dapatkan dari step – step sebelumnya, Anda bisa mulai menggunakan content plan. Anda bisa membuat list keyword dan ide konten melalui ms excel atau spreadsheet. Tools seperti Ahrefs juga memiliki fitur bawaan untuk menambahkan kata kunci atau ide konten yang Anda pilih ke dalam daftar tertentu.
Track Your Progress
Analisis kompetitor dalam SEO yang selanjutnya adalah track progress Anda. Ya, setelah Anda menerbitkan konten baru atau memperbarui konten yang lama, Anda perlu untuk melihat performanya. Anda bisa menggunakan tools untuk membantu Anda meng-track progress situs Anda.
Template Analisa Kompetitor dalam SEO
Untuk Anda yang ingin lebih mudah lagi dalam menganalisa SEO situs Anda, Anda bisa juga menggunakan template milik MOZ. Sebenarnya bisa milik siapa saja namun, pada kesempatan kali ini, kami menggunakan template milik MOZ.
Nah itulah bagaimana cara untuk analisis kompetitor dalam SEO. Semoga dengan adanya artikel yang satu ini, Anda bisa membuat situs Anda memiliki peringkat yang baik dalam SEO. Jika Anda sudah menggunakan layanan SEO Website, di dalamnya umumnya sudah mengcover analisa ini.
Komentar Terbaru