
Pernahkah Anda mendengar first link priority konsep? First link priority dalam SEO sebenarnya itu bagaimana? Nah pada artikel ini, mari kita bahas lebih lanjut. Kita semua pasti tahu jika internal link adalah sesuatu yang krusial. Internal link mampu memberikan sinyal pada Google jika konten – konten yang ada pada situs Anda memiliki korelasi. Nah, dalam internal link terdapat konsep first link priority. Sebelum membahas lebih lanjut, ketahui dulu artinya.
Table of Contents
Apa Itu First Link Priority Rule?
First Link Priority adalah cara Google untuk memastikan bahwa seorang webmaster tidak menambahkan banyak anchor text ke dalam sebuah postingan. Umumnya, ketika search engine spider mengcrawl website Anda dan menemukan 2 link yang mengarah ke halaman yang sama, spider hanya mempertimbangkan anchor text yang pertama dan mengabaikan yang ke dua. Aturan ini sebenarnya sudah banyak diketahui oleh para praktisi SEO. Berarti first link di suatu halaman itu navigasi menu? Nah inilah yang menjadi masalah yang masih diperdebatkan.

Masalah Dengan Navigasi Menu
Di sebagian besar website, menu navigasi terletak pada bagian paling atas sehingga spider merayapi navigasi menu terlebih dahulu. Ini bisa menjadi masalah jika menu navigasi Anda tidak memiliki anchor text yang bagus. Sebuah penelitian yang dikutip dari seo.com menjelaskan bahwa jika Anda memiliki tautan ke menu situs website Anda, maka anchor text yang digunakan dalam konten kemungkinan besar tidak dipertimbangkan oleh Google karena aturan first link priority dalam SEO tadi. Namun semua itu tentu saja anchor text di dalam konten tidak “hilang” atau tidak Google anggap begitu saja.
2 Tips First Link Priority dalam SEO
Tempatkan Menu di Bawah Konten di Kode Sumber Situs Anda
Jika Anda memiliki website yang statis, ini bisa menjadi ide yang bagus. Dengan demikian, Google akan mempertimbangkan anchor text di dalam text terlebih dahulu lalu jika di text tidak ada lalu baru mempertimbangkan anchor text di menu navigasi. Langkah seperti ini sangat sulit untuk diterapkan di dalam website yang dinamis atau website apapun yang menggunakan CMS.

Internal Link di Pages yang “Deep”
Ini mungkin menjadi salah satu solusi yang paling umum dilakukan. Anda harus membuat internal link yang penting pada bagian pertama. Ini tentang perioritas. Misalkan saja Anda memiliki website tentang jasa Google Ads, Anda bisa menaruh page tentang jasa Google Ads di bagian pertama di artikel “Cara Membuat Iklan Google yang Baik”.
Nah itulah tips first link priority dalam SEO. Semoga artikel yang satu ini membantu Anda dalam mengoptimalkan konten.
Komentar Terbaru