SEO best practice sangat penting untuk meningkatkan audience, mengarahkan lalu lintas berkelanjutan dari mesin penelusur, dan mempromosikan bisnis untuk konten Anda. Salah satu SEO best practice untuk SEO On Page adalah membuat headline. Apakah headline dalam SEO memiliki “aturan” khususnya?
Table of Contents
Apa Perbedaan Antara Title Tag dan H1 dan Mengapa Penting untuk SEO?
Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk membuat headlines, sebelumnya mari kita bahas beberapa hal. Sebelumnya, mari kita bahas dua elemen yang berpengaruh pada headline SEO :
H1 Tags : Ini adalah tag HTML header tingkat atas. Di sebagian besar website, judul dikodekan dengan H1
Title Tags : Ini adalah “blue link” yang muncul di search engine
Sebuah situs sering menggunakan teks yang sama untuk kedua elemen yang satu ini. Namun perlu Anda ingat jika kedua elemen ini memiliki “tempat” yang berbeda dan dikontrol oleh dua hal yang berbeda pula. Jadi, tidak mengapa jika Anda ingin membedakan kedua hal ini. Jadi, headline adalah judul yang visitor lihat sedangkan SEO title adalah judul apa yang visitor lihat di search engine.
5 Cara Mudah Mengoptimalkan Headline dalam SEO
Perhatikan Karakter
Visibilitas title tag di search engine adalah sekitar 50 – 60 karakter. Jadi sebuah ide yang bagus jika Anda harus memperhatikan jumlah kata di headlines ada di jumlah demikian. Saat Anda memperhatikan jumlah karakter di limit demikian, Anda juga memperhatikan audiens Anda dan accessibility mereka ke konten Anda.
Hindari Keyword Stuffing
Mungkin Anda berpikir jika semakin banyak Anda menambahkan kata kunci maka semakin bagus pula dan bisa meraih peringkat yang tinggi di mesin pencari. Padahal hal tersebut tidaklah benar. Anda memang harus menuliskan keyword focus atau target Anda di headline namun cukup satu kali saja. Jangan mengulanginya hingga dua kali bahkan lebih agar tidak terkena keyword stuffing.
Tulis Headline dengan Jelas
Salah satu yang harus Anda perhatikan dalam membuat headline adalah untuk memastikan semuanya jelas. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jelas seperti panjang karakter jelas, apakah mudah dibaca, dan pertanyaan – pertanyaan sejenis. Anda harus menjawab poin tersebut dengan jelas.
Gunakan Kosakata yang Menarik Perhatian
Anda tidak harus menggunakan kata – kata yang “berlebihan” untuk membuat postingan atau halaman menarik. Dalam penulisannya, Ahanya perlu menyesuaikan kata – kata yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Anda bisa menambahkan kata – kata seperti “penting, gratis, limited, dan yang lainnya”.
Cocok dengan Isi
Yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah mencocokan headline dengan isi konten. Jika Anda tidak berhasil mencocokan kedua hal ini, Anda mungkin kehilangan kepercayaan customer potensial dan akan disebut sebagai website yang “clickbait”.
Kesimpulan
Headlines dalam SEO bukanlah sebuah kalimat yang panjang. Tetapi jika Anda bisa membuat perbedaan yang besar jika konsisten menggunakannya. Inilah sebuah praktik yang bisa Anda gunakan untuk meraup banyak keuntungan dari SEO.
Komentar Terbaru