Keyword Cannibalization dalam SEO

Pernahkah Anda mendengar istilah keyword cannibalization? Maksudnya apa? Apakah memiliki dampak yang cukup mengkhawatirkan untuk SEO dan peringkat di SERPs? Nah mari kita bahas mengenai topik keyword cannibalization dalam SEO serta bagaimana cara untuk “menyembuhkannya”.

Apa itu Keyword Cannibalization?

Keyword Cannibalization adalah kejadian dimana Anda memiliki halaman di situs website yang menargetkan kata kunci yang sama atau hampir serupa dan merusak antara yang satu dengan yang lainnya untuk “merusak” kinerja traffic organik.

Misalkan saja Anda membuat tulisan dengan keyword “hotel mewah di Jogja” nah beberapa saat kemudian, Anda membuat lagi dengan keywords serupa. Ini jelas keyword cannibalization karena kedua postingan ini memiliki fokus kata kunci yang sama. Mengoptimalkan dua kata kunci sekaligus tidak akan membuat Anda meraup traffic yang banyak. Hal ini justru membuat kedua halaman tersebut “sia – sia”.

Dampak Negatif Keyword Cannibalization

Keyword Cannibalization SEO

Keyword cannibalization mampu memberikan efek yang buruk untuk SEO website Anda. Sayangnya, beberapa orang atau praktisi SEO bahkan tidak sadar jika dirinya melakukan keyword cannibalization. Nah di bawah ini, ada beberapa dampak negatif yang bisa saja menyerang Anda jika Anda melakukan keyword cannibalization baik disadari atau tidak.

Mengurangi Otoritas Halaman yang Anda miliki

Nah karena Anda memiliki halaman yang sama di dalam suatu website, maka website akan membagi otoritas menjadi dua. Ibaratnya, jika Anda sedang membaca buku, mana yang Anda pilih? Apakah satu buku tentang topik yang dibahas hingga mendalam atau dua hingga tiga buku namun topiknya tidak dibahas mendalam dan tidak mampu memenuhi rasa penasaran Anda? Tentu saja yang menjadi pilihan Anda adalah yang nomor satu bukan?

Google Mungkin Lebih Memilih Halaman yang Relevan

Keyword mungkin adalah elemen SEO On Page yang membantu Google untuk mengetahui isi konten Anda. Jika halaman di situs Anda sama, maka Google mungkin saja mencari tahu halaman mana yang paling relevan dan paling cocok. Jadi, sia – sia bukan jika Anda membuat halaman yang sama?

Keyword Cannibalization SEO

Pemborosan Crawl Budget

Crawl budget adalah waktu dimana spider Google merayapi situs Anda dalam jangka waktu tertentu. Memiliki halaman dengan kata kunci yang sama membuat spider bekerja dua kali untuk keyword yang sama sehingga crawl budget ANda jadi boros. Mungkin jika situs Anda memiliki halaman yang tidak terlalu kompleks, crawl budget tidak akan berarti apa – apa. Namun, jika Anda memiliki situs seperti e-commerce, memperhatikan crawl budget sangat diperlukan.

Tanda Kualitas Halaman yang Buruk

Memiliki dua halaman atau lebih yang menargetkan kata kunci yang sama dapat dijadikan sinyal bagi user untuk menandai bahwa kualitas halamanan Anda kurang bagus. Google juga akan beranggapan demikian. Padahal, Google hanya akan memberikan peringkat terbaik pada halaman – halaman yang berkualitas saja.

Membahayakan Conversion Rate

Tak pelak, salah satu dari kedua halaman tersebut memiliki conversion rate yang lebih bagus. Alih – alih mengarahkan pengunjung ke halaman tersebut agar conversion rate bisa lebih meningkat palah Anda kehilangan prospek potensial karena user mendarat di halaman yang salah.

Cara Menemukan Keyword Cannibalization dalam SEO

Keyword Cannibalization SEO

Lakukan Content Audit

Jika situs Anda tidak memiliki struktur yang kompleks, harusnya sangat mudah untuk Anda mendeteksi keyword cannibalization di SEO dengan content audit. Anda bisa melakukan bantuan tools seperti Ahrefs untuk melakukan audit pada konten situs Anda.

Lihat Riwayat Ranking

Jika Anda ingin cek keyword cannibalization untuk spesifik keyword, Anda bisa cek riwayat rangkingnya. Anda bisa menggunakan tools untuk melihat riwayat rangking ini. Tools yang paling banyak digunakan lagi – lagi adalah tools Ahrefs.

Jalankan Site: Search

Buka browser Anda lalu ketikkan site:(namaweb) “topik” untuk melihat halaman di website Anda yang memiliki topik serupa. Namun hati – hati dengan teknik yang satu ini karena Google akan memasukkan hasil yang tidak terlalu mirip juga ke dalamnya. 

Cek URL Halaman yang Mirip di SERPs

Jika Google memberi ranking pada beberapa URL untuk satu keyword. ini jelas saja tanda keyword cannibalization. Lagi – lagi, Ahrefs memberikan solusi untuk mengidentifikasinya. Anda bisa menuju bagian Site Explorer lalu pilih “multiple URL only”.

Cara Memperbaiki Keyword Cannibalization

Keyword Cannibalization SEO

Solusi simple untuk mengatasi masalah ini adalah menjadikannya halaman yang paling otoritatif menjadi halaman landing (landing page). Ini juga menjadi salah satu solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Anda juga dapat menggabungkan kedua konten ini lalu me-redirect URL konten yang satunya ke URL konten yang sudah digabung. Sebenarnya ada banyak cara untuk memperbaiki keyword cannibalization, namun jangan lakukan cara – cara di bawah ini karena kurang recomended.

Solusi Keyword Cannibalization yang Kurang Direkomendasikan

Menghapus Halaman

Ini jarang menjadi solusi yang terbaik untuk situs Anda kecuali jika halaman tersebut tidak memiliki dampak apa – apa untuk website Anda atau memang benar benar untuk keyword cannibalization. Namun, rasanya jarang sekali ada case seperti ini, jadi menghapus halaman yang memiliki keyword yang sama bukanlah langkah yang tepat.

Noindex Halaman

No Indexing menyebabkan Google menghilangkan halaman tersebut dari pencarian yang berarti tidak akan Google berikan peringkat apapun. Ini merupakan cara terbaik untuk cannibalization. Ini adalah cara yang paling buruk untuk memperbaiki cannibalization.

De-Optimalkan Halaman 

Cara yang satu ini mungkin saja masuk akal namun tidak Ahrefs sarankan. Misalkan saja menghapus semua internal link dengan kata kata kunci keyword cannibalization sebagai anchor text mungkin mampu mempengaruhi peringkat. 

Kesimpulan 

Keyword Cannibalization dalam SEO meskipun bukan sesuatu yang mampu “meruntuhkan” SEO effort saja dalam hitungan hari, namun sesuatu yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu, penting halnya untuk senantiasa untuk melakukan content audit dan beberapa hal – hal yang telah disebutkan di atas untuk meminimalisirkan keyword cannibalization.