Knowledge Graph dalam SEO

Google Knowledge Graph adalah sebuah basis data informasi yang besar yang memungkinkan Google untuk memberikan jawaban langsung yang faktual terhadap pertanyaan Anda. Tapi apakah, knowledge graph dalam SEO memiliki hubungan dan dampaknya? Apakah dengan mengandalkan Jasa Iklan Google Ads atau Jasa SEO bisa “mengalahkan” knowledge graph?

Apa Keuntungan Google Knowledge Graph?

Knowledge Graph diciptakan agar user segera mengetahui jawaban atas pertanyaan mereka tanpa harus mengklik salah satu web di SERPs. Ya, User tidak perlu mengklik dan membaca uraian tulisan yang banyak untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan yang mereka ketikkan dalam kueri. 

Knowledge Graph SEO

Bagaimana Knowledge Graph Bekerja?

Anda mungkin mempertanyakan dari mana Google mendapatkan data – data yang ada di Knowledge Graph dan bagaimana sebenarnya hal ini bekerja. Data yang ada di Knowledge Graph dikumpulkan dari berbagai sumber yang berbeda. Baik sumber yang dapat diakses secara pribadi, atau data yang dimiliki lisensi pribadi. Namun, Google telah dikritik pada masa lalu karena tidak mencantumkan sumber data yang dikutipnya. 

Oleh karena itu, Google kini memperbolehkan siapa saja untuk mengedit informasi yang telah tersedia dengan klik tulisan “feedback”. Tapi tidak serta merta informasi hasil editan ini diterima mentah – mentah. Harus melalui “kriteria” Google yang ketat. 

Knowledge Graph SEO

Bagaimana Knowledge Graph Berpengaruh Pada SEO dan Mengapa Penting?

Mungkin Anda berpikir dengan adanya knowledge graph adalah ancaman bagi Anda karena user bisa memperoleh jawaban tanpa mengklik salah satu pilihan sehingga traffic yang diterima semakin berkurang. Ya, jelas saja ini bukan berita bagus jika Anda mengandalkan klik dari SERPs untuk penjualan Anda.

Ya, ini bahkan pernah di teliti oleh beberapa pihak. Sebuah grafik pernah di publikasikan untuk melihat dampak knowledge graph terhadap SEO. Penelitian ini di lakukan di EU/UK dan US. Dari data tersebut memang terdapat penurunan kunjungan pada kata kunci yang memiliki knowledge graph. Tapi, jangan panik. Mungkin permasalahan ini dapat terselesaikan jika Anda mendapat Google Knowledge Graph.

Cara Mendapat Google Knowledge Graph

Salah satu cara untuk menanggulangi masalah SEO yang satu ini adalah dengan membuat diri Anda “ada” di Google Knowledge Graph. Tapi, bagaimana caranya? Nah ini dia beberapa cara untuk membuat Anda ada di Google Knowledge Graph.

Knowledge Graph SEO

Connect dengan Google dan Wikipedia

Sumber informasi terbesar knowledge graph dalam SEO adalah Wikipedia dan Google itu sendiri. Langkah mudah untuk selalu connect dengan Google adalah dengan register Google Search Console dan sign up di Google My Business. Lalu bagaimana cara untuk bisa selalu terhubung dengan Wikipedia? Jawabannya adalah memiliki halaman di website ini dan berkontribusi. 

Gunakan Schema Mark Up

Cara mendapatkan knowledge graph untuk mendorong SEO adalah menggunakan schema mark up. Schema mark up mungkin terdengar sangat memusingkan namun nyatanya tidak se-memusingkan itu. Schema mark up memungkinkan Anda untuk menandai konten Anda agar Google bisa dengan mudah memahami konten yang Anda buat. Beberapa keuntungan menggunakan schema mark up lainnya adalah mendapatkan rich snippets, mendapatkan knowledge panel dan memungkinkan untuk muncul di non-brand kueri.

Knowledge Graph SEO

Aktif dan Konsisten

Salah satu langkah untuk menunjukkan bahwa Anda reputable adalah make sure bahwa konten yang Anda buat, page, dan segala informasi yang ada di halaman Anda up to date. Anda bisa aktif pada sosial media profil Anda seperti Facebook, Instagram, Twitter dan yang lainnya. 

Buat Konten yang Berkualitas

Konten berkualitas adalah salah satu kunci mendapatkan knowledge graph dalam SEO. Mungkin Anda sering mendengar kata – kata yang seperti ini karena memang membuat konten yang berkualitas sangatlah penting. Dari pada fokus pada peringkat, cobalah untuk membuat konten yang berfokus pada user Anda.

Nah inilah serba serbi mengenai knowledge graph dalam SEO serta dampak dan cara mendapatkannya. Semoga artikel yang satu ini bermanfaat. Dari pada pusing memikirkan bagaimana knowledge graph dalam SEO, mari buat konten yang bagus sehingga user experience meningkat dan website bisa memiliki posisi yang paling atas.