Eksternal Link Dalam SEO

Selain internal link, seseorang yang bergelut di dunia SEO pastinya harus paham mengenai eksternal link apalagi bagi seseorang yang membuka Jasa SEO di kota – kota besar seperti Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Surabaya dan lain lain dalam membantu menaikkan posisi website milik klien di mesin pencari. Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas mengenai eksternal link dalam SEO. Sebenarnya berguna untuk apa? Simak selengkapnya hanya pada artikel ini.

Pengertian Eksternal Link

Secara sederhana, eksternal link merupakan tautan yang Anda pasang pada sebuah halaman situs yang mana tautan tersebut menuju blog atau domain yang lainnya atau bukan milik Anda. Seperti namanya, eksternal link adalah kebalikan dari internal link yang mana internal link adalah sebuah link yang menuju dari halaman satu ke halaman lainnya namun masih satu domain. Kode untuk eksternal link contohnya : 

 <a href=”http://www.domain.com/”>ini adalah tempat Anda meletakkan anchor text</a>

Dalam istilah SEO, tautan eksternal link biasanya mengacu pada tautan yang dibuat situs lain. Tautan eksternal umumnya “diukur” dari kualitas serta relevansi dengan topik yang sedang Anda bahas yang mana berguna untuk mendukung peringkat halaman situs yang Anda miliki.

Peranan Menambahkan Eksternal Link dalam SEO

Eksternal Link Dalam SEO

Banyak pemilik situs atau blogger enggan untuk menambahkan eksternal link pada situs mereka. Mungkin, mereka khawatir user atau pengunjung situs akan meninggalkan blog atau website milik Anda. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika Anda masih menautkan eksternal link ke situs yang masih relevan dengan situs Anda, hal tersebut bisa mempengaruhi relevansi di masa mesin pencari.

Menambahkan tautan eksternal tidak akan merusak situs maupun halaman Anda selama tautan tersebut masih relevan dan memiliki kualitas yang baik. Eksternal Link akan bernilai jika eksternal link tersebut mengarah ke laman atau situs – situs yang terpercaya serta populer. Eksternal link yang berkualitas juga nyatanya mampu meningkatkan otoritas situs halaman web karena telah menyediakan visitor referensi ke sumber sumber yang terpercaya.

Keuntungan Menggunakan Eksternal Link dalam SEO

Meningkatkan Kredibilitas

Saat Anda menambahkan eksternal link yang dapat dipercaya serta relevan itu bisa meningkatkan kredibilitas. Selain itu, tautan eksternal link yang bernilai juga akan memberi pembaca referensi yang tentu saja akan meningkatkan otoritas situs Anda. 

Tingkatkan SEO Situs Anda

Eksternal link yang Anda tambah dapat membantu mesin pencari untuk menentukan kegunaan dan kualitas dari halaman Anda. Halaman yang memiliki kualitas yang tinggi umumnya juga akan memiliki tautan ke halaman yang memiliki kualitas yang tinggi pula. Dengan demikian, mesin pencari bisa melihat situs Anda berkualitas jika Anda memberi link pada situs lainnya yang sudah terbukti kredibel. 

Mudah dalam Membangun Koneksi

Situs website lain akan mengetahui jika Anda menautkan linknya kepada salah satu postingan situs Anda. Kemungkinan, jika pemilik situs tersebut baik, mereka akan “membalas” kebaikan Anda. Ini jelas sangat menguntungkan Anda bukan? Ini adalah cara termudah dah terjangkau untuk menjalin hubungan di internet.

Menawarkan Nilai Lebih Ke Pengunjung Website Anda

Menambah external link pada situs Anda akan menambah user experience ketika membaca halaman yang Anda buat. Tautan eksternal akan menambah value dalam konten Anda tanpa harus menduplikasi konten. Dengan adanya eksternal link juga membantu pengunjung dalam memahami apa yang Anda tuliskan.

Penerapan External Link 

Eksternal Link Dalam SEO

Relevansi

Memang jika berbicara mengenai SEO pastinya tidak jauh jauh dari relevansi. Relevansi ini sangat penting dalam menerapkan external link. Logikanya, situs tentang kucing tidak akan secara natural menautkan ke situs yang membahas mengenai kesehatan bukan? Ini akan menimbulkan kecurigaan Google.

Perhatikan Otoritas

Eksternal link yang Anda sisipkan harus berasal dari website yang dipercaya oleh Google. Mengapa demikian? Hal ini karena ini sama saja Anda sedang “merekomendasikan” sebuah situs pada Google. Jika Anda merekomendasikan situs yang baik maka Google akan menganggap bahwa situs Anda memiliki reputasi yang baik. Begitu pula sebaliknya. 

Jumlah yang Wajar

Eksternal Link dalam SEO juga tidak bisa diberikan secara masif dalam satu waktu. Anda harus membuatnya terlihat natural dan juga wajar. Selain mengganggu pembaca yang membaca konten Anda, jumlah yang terlalu banyak juga akan dianggap spam oleh mesin pencari. Tentu saja Anda tidak ingin demikian bukan?

Anchor Text

Untuk membuat eksternal link, sebaiknya gunakanlah anchor text yang tepat. Anchor text yang digunakan bisa disesuaikan dengan topik eksternal link yang mengandung kata kunci. Dengan menyertakan hal tersebut, pengguna tidak akan merasa terganggu karena Anda tidak menyertakan link secara langsung.

Nah itulah pembahasan mengenai eksternal link dalam SEO. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini, Anda tidak perlu takut lagi untuk menyertakan external link pada postingan – postingan Anda.