Focus Keyword dalam SEO

Jika Anda ingin website Anda jauh lebih teroptimasi dengan SEO, salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan menggunakan focus keyword. Menggunakan focus keyword memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah sebuah konten sudah siap dilakukan optimasi serta menghasilkan lalu lintas atau tidak. Tapi, apakah sebenarnya focus keyword dalam SEO itu penting? Cara trackingnya bagaimana? Nah mari kita cari tahu semuanya di sini.

Umumnya, untuk WordPress ada plugin yang bisa untuk meletakkan focus keyword seperti Yoast. Sebelum mengetahui lebih lanjut, mari kita cari tahu terlebih dahulu pengertian dari focus keyword itu sendiri.

Apa itu Focus Keyword?

Focus Keyword adalah kata kunci yang ingin Anda “naikkan” di pencarian SERPs. Anda ingin ketika seseorang mengetikkan kata kunci tersebut, situs Anda-lah yang muncul pada pencarian. Jika Anda menggunakan focus keyword untuk halaman atau post dengan Yoast SEO di WordPress atau Shopify, plugin akan mengevaluasi konten halaman dan memberikan “feedback” tentang cara meningkatkan konten untuk meningkatkan peluang peringkat lebih tinggi untuk istilah pencarian tersebut.

Pentingnya Focus Keyword dalam SEO

Focus Keyword dalam SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah sesuatu yang sangat penting karena bisa membuat website Anda berada di halaman satu Google. Ketika sudah berada di halaman satu Google, tentu semakin banyak klik yang Anda dapatkan. 

Jika Anda ingin membuat sebuah halaman berada di halaman satu Google, Anda harus menggunakan kata kunci yang spesifik. Dengan demikian, strategi SEO On Page bisa jadi jauh lebih terarah. SEO On-page adalah strategi dan taktik SEO yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan halaman dan posting situs web Anda untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dan menghasilkan lalu lintas yang lebih relevan. Singkatnya, ini adalah panduan di mana dan seberapa sering menggunakan focus keyword Anda.

Bagaimana Cara Memilih Focus Keyword?

Dikutip dari Yoast, setidaknya ada tiga hal yang benar benar harus Anda pahami dalam memilih focus keyword yakni : 

  1. Temukan kata kunci populer yang banyak dicari orang
  2. Lakukan riset volume pencarian
  3. Cari di Google focus keyword Anda

Mari kita bahas selengkapnya!

Temukan Focus Keyword  yang Populer Dicari

Long Tail Keyword bisa Jadi Solusi

Jika Anda ingin postingan Anda berada di posisi terbaik, Anda bisa menggunakan long tail keyword. Long tail keyword termasuk jenis kata kunci yang memiliki persaingan yang cukup tidak terlalu ketat. Long tail keyword cenderung memiliki lebih banyak kata dan lebih sedikit “pencarinya”. Namun bukan berarti tidak ada. 

Gunakan Tools

Setelah Anda melakukan riset kata kunci dan Anda sudah menemukan ide apa untuk Anda tuliskan, Anda bisa menggunakan berbagai tools untuk menemukan focus keyword. Di Yoast terdapat SEMrush Integration yang akan membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang masih berhubungan.

Cek Volume Pencarian

Setelah Anda menemukan kata kunci yang sekiranya cocok untuk dioptimasi, Anda harus melakukan riset mengenai volume pencariannya. Melakukan pengecekan volume pencarian bisa membuat Anda jadi tahu bagaimana strategi yang tepat untuk bisa membuat website berada di halaman satu Google 

Google Focus Keyword

Selain mengetahui istilah pencarian mana yang benar – benar digunakan oleh orang – orang. Melakukan Google focus keyword Anda perlu tahu apakah ide Anda untuk posting atau halaman Anda sesuai dengan kebutuhan dan harapan orang-orang yang menggunakan istilah pencarian. 

Cara Meletakkan Focus Keyword dalam SEO

Cara untuk meletakkan focus keyword sangatlah mudah, Anda hanya tinggal membuka atau membuat postingan maupun laman. Jika Anda sudah menginstall plugin Yoast, Anda hanya tinggal scroll dan mengisi bagian focus keyword yang telah disediakan oleh Yoast. Mudah sekali bukan? Nah inilah serba serbi Focus Keyword dalam SEO. Semoga artikel ini membantu.