Jadi rangking satu di Google memang menjadi tujuan pemilik situs yang ingin mendapatkan traffic yang banyak. Tak jarang, para pemilik situs ini meminta bantuan penyedia jasa SEO untuk membantu menaikkan posisi situs di halaman satu Google. Nah, namun sebagai pemilik situs, rasanya Anda perlu untuk mengetahui elemen SEO On Page.
Table of Contents
Apa itu SEO On Page?
One Page SEO atau dikenal juga dengan On Site SEO merupakan segala upaya yang ditempuh untuk meningkatkan peringkat mesin pencari dan mendapatkan traffic untuk sebuah situs. Selain mempublikasikan konten – konten yang relevan serta berkualitas, On Page SEO juga termasuk optimasi heading, tag HTML, optimasi gambar dan sebagainya.
Mengapa SEO On Page Penting?
On Page SEO sangat penting karena mampu membantu Google untuk mengetahui apa isi dari konten – konten yang Anda upload serta untuk mengidentifikasi apakah konten yang Anda upload cocok dengan query yang dituliskan oleh pengguna Google atau tidak. Ketika mesin pencari jauh lebih berkembang di setiap harinya, ada fokus yang jauh lebih besar untuk memperhatikan relevansi kata kunci maupun LSI di mesin pencari.
Google dengan algoritmanya yang complex kini jauh lebih baik dalam hal memahami apa yang pengguna inginkan serta memberi hasil yang paling relevan dengan yang pengguna inginkan. Oleh karena itu, Anda tidak bisa mengabaikan SEO On Page begitu saja karena Anda dapat memiliki kontrol yang jauh lebih besar dibandingkan SEO Off Page.
Elemen SEO On Page
E-A-T
E-A-T (Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness) merupakan sebuah kerangka yang digunakan Google untuk untuk menilai konten, halaman, serta website itu sendiri. Google selalu mengutamakan konten yang berkualitas tinggi. Google jauh lebih memprioritaskan website berkualitas untuk berada di halaman satu Google dan mendapat traffic yang jauh lebih banyak.
Title Tag
Title tag termasuk ke dalam Tag HTML yang mana letaknya di bagian paling atas yang mana berfungsi untuk memberikan isyarat atau sinyal kepada Google mengenai apa yang Anda tuliskan. Ini ditampilkan paling besar di mesin pencari. Umumnya orang akan membaca title tag pertama kali ketika melakukan penjelajahan situs. Meskipun hanya berdampak sedikit pada peningkatan traffic, namun bukan berarti tidak penting. Anda tidak boleh mengabaikannya. begitu saja.
Meta Descriptions
Sama halnya title tag, meta descriptions juga penting namun kerap diabaikan. Meta descriptions atau tag meta memberikan deskripsi tentang halaman yang Anda posting. Umumnya meta deskripsi tampil di bagian bawah judul. Dengan mengoptimalkan meta descriptions, Anda sama saja melakukan improve pada CTR, kualitas dan persepsi mengenai website yang baik.
Headlines
Ingin website Anda tampil baik di mesin pencari? Buat headline yang menarik dulu. Headlines harus ditulis dengan menarik karena dia letaknya di awal kalimat. Umumnya, 100 kalimat pertama harus mengandung kata kunci. Kata kuncinya juga tidak boleh sembarangan kata kunci melainkan focus keyword.
Header Tags
Tag header adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi heading dan subheading dalam konten Anda dari jenis teks lain (contohnya teks paragraf). Tag header tidak begitu penting untuk peringkat situs Anda seperti dulu, tetapi tag ini tetap memiliki fungsi penting – untuk pengguna dan SEO Anda. Header tag akan berdampak pada rangking situs Anda dengan :
- Membuat pengguna jauh lebih nyaman untuk membaca konten Anda
- Menyajikan rich konten yang sangat disukai oleh Google
Penulisan Konten SEO
Elemen yang selanjutnya adalah SEO Writing. Penulis konten SEO berarti tidak hanya menulis untuk Google (SEO Friendly) namun juga menulis untuk user (human friendly). Ada strategi di balik penulisan konten SEO yang baik tidak hanya sekedar menyusun kata kuni. Untuk itu banyak pemilik website yang lebih memilih untuk menggunakan Jasa Penulis Artikel.
Penempatan Keyword
Kata kunci adalah sesuatu yang sangat penting penggunaannya. Namun, pemilihan kata kunci yang tepat tidak dibarengi dengan penempatan keyword yang benar juga akan percuma. Umumnya jika keyword yang ada di artikel tidak boleh terlalu banyak karena nanti akan Google anggap spam.
Konten Audit
Jangan hanya fokus membuat konten baru saja, Anda juga harus mengauditnya. Dengan mengaudit konten, Anda akan melakukan improve pada hal – hal berikut :
- Mengevaluasi apakah konten mencapai tujuannya dan mendapatkan ROI atau tidak
- Mengidentifikasi apakah informasi yang tertera di dalamnya masih valid atau tidak
- Menentukan konten yang cocok untuk situs Anda.
Audit konten dapat sangat membantu strategi SEO Anda dan harus Anda lakukan secara teratur.
Optimasi Gambar
Menambahkan gambar adalah cara yang baik untuk membuat halaman web Anda lebih menarik. Namun perhatikan juga format gambarnya. Untuk kami sendiri biasanya menggunakan webp karena kami hal tersebut tidak terlalu membebankan pada loading website. Jangan lupa juga untuk menambah alt text pada gambar agar gambar tetap teroptimasi.
Internal Link
Lalu elemen SEO On Page yang selanjutnya adalah internal link. Memiliki internal link juga akan membantu Google untuk mengetahui konten – konten yang relevan lainnya di situs Anda. Ini juga membantu Google untuk mengetahui fokus niche website Anda. Internal link memiliki peranan yang begitu penting.
Nah itulah serba serbi elemen SEO On Page. Ini baru sebagian kecil saja. Anda bisa explore sendiri untuk menemukan yang lainnya.
Komentar Terbaru