
Memahami perbedaan search query dan keyword dalam SEO merupakan salah satu kunci untuk berhasil menjalankan strategi digital marketing. Bagi pemula, sulit rasanya untuk mengerti dan memahami sebenarnya arti dari kedua istilah tersebut. Padahal, mengerti kedua istilah ini sangat penting agar strategi berjalan secara optimal. Memangnya apa saja perbedaannya?
Table of Contents
Apa itu Search Query dalam SEO?
Secara sederhana, search query adalah apa yang pengguna tuliskan untuk mencari sesuatu. Jadi, ketika Anda menuliskan sesuatu di Google dan klik search maka itu artinya search query. Istilah search query hanya mengacu pada text yang digunakan untuk memulai penelusuran. Informasi apa yang dicari oleh pengguna dikenal juga dengan nama search intent.
Apa Itu Keyword dalam SEO?
Keyword, di sisi lain adalah awal dari search campaign. Keyword adalah kata atau frasa yang digunakan untuk membuat organic marketing atau bahkan iklan di Google. Kata kunci adalah frasa persis yang Anda inginkan agar situs Anda bisa tampil di SERPs.
Apa Perbedaan Antara Search Query dan Keyword dalam SEO?

Perbedaan mendasar mengenai kedua istilah ini terletak pada apakah Anda membicarakan tentang tindakan pengguna atau tindakan yang dilakukan oleh seorang marketer. Pengguna Google tidak tahu dan bahkan tidak peduli tentang keyword. Mereka hanya ingin apa yang ada di kepala mereka memiliki jawaban.
Tapi seorang marketer harus paham dan memperhatikan mengenai search query. Memahami apa yang dituliskan pengguna Google serta bagaimana hal tersebut terkait dengan konten serta iklan yang dibangun sangatlah penting bagi marketer.
Pengguna mungkin mencari konten yang sama namun dengan kalimat yang berbeda. Urutan kata yang dituliskan mungkin saja berbeda. Atau, pengguna mungkin saja menambahkan atau mengurangi kata – kata yang digunakan. Tapi Google tahu apa yang dimaksud oleh penggunanya. Agar lebih jelas, lihat diagram milik Search Engine Journal di bawah ini.

Pada gambar tersebut dapat Anda lihat jika ada banyak search query yang mungkin pengguna tuliskan namun ujung – ujungnya atau maksud dari penggunanya sama.
Cara Menggunakan Search Query untuk Mendukung Keyword dalam SEO
Memiliki peringkat yang tinggi dengan kata kunci yang tepat bisa membuat bisnis Anda makin berkembang. Kini, Anda bisa menggunakan search query sebagai salah satu cara untuk mencapai posisi terbaik di search engine. Anda bisa menggunakan free tool seperti Google Analytics, Google Search Console, serta Google Search.
Temukan Halaman “Terbaik”
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan halaman terbaik yang mensupport bisnis Anda. Anda bisa menggunakan Google Analytics. Caranya, buka Reports > Life cycle > Acquisition > Traffic acquisition. Kita perlu mengadakan beberapa pengeditan. Pada bagian atas klik “add comparison”

Nah jika di awal menggunakan filter all user, pada bagian ini kita akan mengubah hanya dari pencarian organik saja. Caranya klik include – first user source / medium lalu pada bagian dimension value pilih organic / Google. Anda bisa menghilangkan sementara bagian all user dengan mengklik tanda silang.
Kita juga perlu menambahkan secondary dimension untuk melihat landing pages dengan klik tabel lalu tanda plus warna biru – page / screen – landing pages. Anda bisa scroll ke bawah untuk mengetahui halaman mana yang mensupport bisnis Anda.

Cari Search Query dalam Situs Anda
Bentuk keyword research yang paling efektif adalah dengan mengetahui search query yang pengguna gunakan untuk menemukan situs kita. Anda bisa membuka tools Google Search Console. Lalu pilih bagian performance.

Default filter yang Google Search Console gunakan adalah untuk pencarian web serta data yang muncul adalah data dengan rentang 3 bulan. Anda bisa klik plus atau tulisan new dan tambah page lalu tambahkan URL halaman pada poin satu tadi di dalam filternya.
Tampilan ini akan menampilkan search query teratas yang pengguna gunakan untuk menemukan situs Anda. Anda bisa menuliskan kueri – kueri tersebut agar bisa beralih ke tahap selanjutnya.
Perluas dengan Google Autocomplete
Google autocomplete bisa Anda jadikan sebagai salah satu tools untuk mencari search query dan keyword dalam SEO. Google Autocomplete akan membantu Anda untuk menemukan long tail keyword yang biasa orang – orang gunakan. Anda bisa memasukkan kueri pada step dua lalu tambahkan huruf a, b hingga z di bagian depan lalu belakang. Catat hasil temuan Anda.
Nah, mudah sekali bukan menemukan search query yang berkualitas untuk situs Anda. Semoga dengan mengetahui perbedaan search query dan keyword bisa membuat situs Anda makin berkembang lagi.
Komentar Terbaru