Organic Search dalam SEO

Jika Anda menjalankan bisnis, Anda pasti paham seberapa penting jika ada user yang mengunjungi situs Anda. Karena adanya tindakan ini seorang user dapat mempelajari lebih lanjut mengenai produk, layanan, merek, profil perusahaan dan yang lainnya. Tetapi, bagaimana cara mendapatkan organic search dalam SEO? Apakah harus dengan menggunakan Jasa SEO Pro Jakarta, Jasa SEO Website Jogja, atau Jasa SEO Bulanan yang lainnya? Mari kita bahas!

Apa itu Organic Search di SEO?

Organic search merujuk pada non-paid search result dari search engine. Hasil pencarian ini tidak dapat dibeli atau dipengaruhi oleh seseorang yang beriklan di Google Ads (entah dengan mengandalkan Jasa Iklan Google Ads atau setting sendiri). Mereka yang dianggap paling relevan oleh mesin pencari akan ditempatkan di posisi yang paling tinggi. Jika ada user yang mengklik pencarian ini, traffic yang masuk di sebut dengan organic search.

Organic Search

Untuk tipe organic search dalam SERPs sendiri beragam, ada yang berupa “blue link” biasa, video, top stories, people also ask dan yang lainnya. Nah, mengapa seorang praktisi SEO harus memperhatikan aspek yang satu ini?

Mengapa Organic Search Sangat Penting?

Organic search mendorong traffic gratis yang masuk ke dalam situs Anda. Maksudnya, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk orang yang mengklik situs Anda di pencarian (tidak seperti PPC). Ini jelas sangat menguntungkan bisnis Anda. Apalagi jika situs bisnis Anda sudah berada di halaman satu Google.

Mengingat Anda harus membuat dan menghasilkan konten (yang mungkin memanfaatkan jasa penulis artikel website) sebenarnya organic search dalam SEo tidak bisa dikatakan gratis 100%. Namun organic search seringkali merupakan cara yang paling hemat untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi ke situs website Anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Organic Search dalam SEO yang Tinggi?

Organic Search

Umumnya, ketika Anda mendapatkan rangking yang lebih tinggi maka Anda akan mendapatkan traffic yang jauh lebih tinggi pula. Sebenarnya banyak sekali faktor yang mungkin secara terang terangan Google publikasikan ataupun tidak terkait bagaimana sistem “penilaian” mereka terhadap suatu website. Namun tips di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Backlink

Backlink merupakan salah satu ranking factor yang dipublikasikan Google secara terang – terangan dan sudah bukan rahasia umum lagi. Perlu Anda ketahui, yang berpengaruh pada ranking adalah backlink yang berkualitas saja. Backlink yang berkualitas dapat diperoleh dari situs yang berkualitas pula. Untuk mendapatkan backlink berkualitas, Anda bisa melakukan guest post atau bisa juga dengan membeli melalui jasa backlink authority.

Relevansi

Salah satu kunci keberhasilan dalam optimasi website menggunakan SEO adalah adanya relevansi. Ya, relevansi adalah kunci. Google bahkan secara terang – terangan mempublikasikan bahwa relevansi merupakan sinyal yang begitu diperhatikan. 

HTTPS

Dari pada situs yang menggunakan HTTP, Google lebih memberikan peluang situs dengan HTTPS untuk berada di peringkat satu. Mengapa demikian? Hal ini karena situs HTTPS berarti sudah memiliki keamanan baik untuk situs Anda sendiri atau untuk user. Google bahkan akan memberikan peringatan pada user dengan memberikan tulisan “not secure” jika situs Anda menggunakan HTTPS. 

Organic Search

Mobile Friendly

Google sangat memperhatikan usernya. Mereka paham jika banyak penggunanya yang mengakses website menggunakan smartphone. Maka dari itu, situs yang mobile friendly jauh lebih mungkin untuk ditempatkan di posisi paling atas dari pada situs yang memiliki desain yang tidak mobile friendly. Untuk mengecek apakah di halaman situs Anda, Anda memiliki halaman yang tidak mobile friendly, Anda bisa membuka Google Search Console.

Nah itulah serba serbi mengenai organic search dalam SEO. Semoga artikel yang satu ini dapat membantu Anda untuk mendapat peringkat yang jauh lebih tinggi di Google.