Tips Beriklan Di Google Ads

Kamu disini pasti setidaknya sudah mengetahui salah satu cara untuk mempromosikan perusahaan, produk, maupun jasa kamu menggunakan Google Ads. Namun apakah kamu sudah memanfaatkan Google Ads dengan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk atau jasa kamu? 

Asal kamu tahu ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat promosi kamu menjadi lebih efisien dan efektif dengan menggunakan Google Ads. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tips yang dapat kamu lakukan untuk beriklan di Google Ads. Sehingga tujuan dari marketing kamu lebih mudah tercapai dan melancarkan strategi promosi kamu.

8 Tips Beriklan di Google Ads

Terdapat beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk beriklan di Google Ads. Berikut ini akan dijelaskan 10 tips yang dapat membuat iklan kamu memiliki performa yang terbaik.

Menentukan Tujuan Iklan Yang Jelas

Menentukan tujuan merupakan suatu hal yang wajib sebelum kamu membuat Google Ads. Karena, setiap iklan tentunya memiliki maksud dan tujuan yang berbeda.Ini berarti, strategi serta pelaksanaan dari iklan tersebut juga seharusnya menyesuaikan. Baik dari segi desain landing page, copywriting, budget, dan sebagainya. 

Contonya, saat kamu ingin meningkatkan penjualan. Jenis copywriting yang digunakan akan menjadi lebih fokus pada kata seperti “coba gratis” dan “beli sekarang”. Nah, jenis copywriting ini tentunya kurang cocok digunakan untuk jenis iklan yang bertujuan untuk mendapatkan leads.

Itulah sebabnya penting untuk menentukan tujuan yang jelas dari iklan yang akan kamu buat, karena tanpa itu, bagaimana mungkin mengukur keberhasilan di iklan Google Ads kamu?

Menggunakan Kata Kunci Dengan Tepat

Setelah kamu menentukan tujuan yang jelas dari iklan kamu, tips selanjutnya yaitu menggunakan kata kunci yang sesuai dan tepat. Google menampilkan iklan yang sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna. Apa sajakah kata kunci yang paling sesuai dan paling sering digunakan di dalam lingkup bisnis kamu, maka itulah yang akan menjadi kata yang harus kamu gunakan. Kamu juga dapat melakukan riset keyword, untuk menemukan kata kunci yang paling sesuai dengan bisnis kamu.

Membuat Teks Iklan Dengan Menarik

Tips selanjutnya adalah membuat teks iklan yang menarik sehingga mengundang banyak pelanggan. Nah sekarang, bagaimana caranya? Yang pertama yang harus kalian lakukan yaitu memastikan teks iklan kamu berisi manfaat dan kelebihan dari bisnis kamu. Dengan mengetahui manfaat yang dapat di rasakan oleh pelanggan terhadap bisnis kamu, maka pelanggan akan semakin tertarik dengan iklan kamu. Kamu juga bisa menerapkan teknik SEO.

Menyesuaikan Iklan Kamu dengan Landing Page

Sangat penting untuk menyesuaikan iklan dengan landing page dalam setiap kampanye promosi. Ini bertujuan untuk menghindari kekecewaan dari pelanggan yang tidak menemukan produk yang di inginkan pada iklan yang sudah di tekan.

Mengoptimasi Landing Page

Penting bagi kamu untuk membuat tampilan landing page yang tidak membingungkan, berikut ini hal yang harus kamu perhatikan untuk landing page kamu:

  1. Desain menarik serta navigasi yang mudah
  2. Menambahkan gambar yang sesuai
  3. Menggunakan warna dengan kontras yang sesuai
  4. Jangan melupakan CTA

Membuat Iklan Yang Mobile Friendly

Pengunjung yang akan mengunjungi website kamu tidak hanya dari pengguna laptop atau PC, tetapi banyak juga pengunjung yang menggunakan mobile phone untuk mengunjungi website kamu. Oleh sebab itu, penting membuat iklan yang cocok di buka di desktop maupun di mobile phone.

Menentukan Bidding dengan tepat

Menggunakan Google Ads tidaklah gratis, kamu harus membayar biaya, pada setiap iklan yang di klik oleh pengunjung website kamu. Oleh sebab itu sangat penting untuk kamu mengatur biaya dan bidding iklan yang pas untuk bisnis kamu. Kamu dapat menggunakan fitur dari Google Ads itu sendiri yaitu Automated Bidding atau Smart Bidding. 

Mengevaluasi dan Memonitoring Performa dari Iklan Kamu

Penting untuk melakukan evaluasi dan memantau iklan yang sudah kamu buat di Google Ads, ini bertujuan untuk mengukur performa dari iklan yang sudah kamu buat. Kamu dapat menggunakan tool seperti Google Analytics, untuk mempermudah kamu memantau trafik dan mengetahui data dari pengunjung iklan kamu.

Nah itulah 8 tips yang dapat kamu terapkan untuk iklan kamu di Google Ads, agar membuat iklan yang kamu promosikan menjadi lebih efektif serta efisien, yang tentunya akan mendatangkan keuntungan untuk bisnis kamu. Semoga tips ini bermanfaat ya bagi kamu semua yang ada di sini.