Saat ini beriklan memang menjadi salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis kita secara online. Tapi masalahnya, tidak semua dari kita memiliki budget besar untuk beriklan di platform online ini, benar kan? Wajib dipahami kalau minimal budget beriklan bisa bervariasi tergantung dari platform yang digunakan.
Sebagai informasi, beberapa platform seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, memungkinkan kita untuk memulai kampanye iklan dengan budget sebesar 5 dolar saja. Cukup terjangkau ya sebenarnya. Tentu saja budget ini masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita.
Selain itu, ada nih platform Google Ads dengan fasilitas fitur yang memungkinkan kita untuk memilih jenis kampanye iklan yang sesuai dengan budget kita. Misalnya, jika kita ingin melakukan kampanye iklan dengan budget terbatas, kita dapat memilih jenis kampanye iklan Smart Campaigns. Jenis kampanye ini memungkinkan kita untuk memulai kampanye iklan dengan budget minimum 50 dolar.
Sebelum memutuskan kita mau iklan dengan platform mana dan budget berapa, kita harus ingat bahwa setiap bisnis memiliki kebutuhan dan target yang berbeda. Oleh karena itu, minimal budget beriklan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita saat ini.
Table of Contents
Tips untuk mengetahui minimal budget
Tujuan Kampanye Iklan
Pertama, kita perlu menentukan tujuan dari kampanye iklan. Apakah kita ingin meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic website, atau meningkatkan awareness merek? Buatlah tujuan dengan spesifik sesuai dengan kenyataan sekarang. Usahakan satu tujuan untuk satu iklan saja. Setelah menentukan tujuan, kita bisa memperkirakan berapa besar budget yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.
Target Audiens Iklan
Kedua, kita perlu menentukan target audiens kita. Sebenarnya, siapa sih yang ingin kita jangkau dengan kampanye iklan ini? Apakah target audiens kita berada dalam lingkup lokal atau internasional? Apakah dia laki-laki atau perempuan? Berapa range usianya? Latar pendidikannya sampai mana?
Kita perlu banget untuk membuat deskripsi target iklan kita, atau istilah kerennya, kita membuat user persona. Semakin besar target audiens kita, semakin besar juga minimal budget beriklan yang dibutuhkan. Jadi perhatikan betul ya siapa saja yang termasuk ke pangsa pasar kita. Supaya lebih gampang menentukan target iklan, bisa banget nih menggunakan jasa iklan Google Bali. Mereka siap siaga dalam membantu kita dalam segala urusan beriklan.
Platform Iklan yang Digunakan
Ketiga, kita perlu menentukan jenis platform iklan yang ingin digunakan. Setiap platform iklan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sebaiknya kita memilih platform iklan yang sesuai dengan target audiens kita dan budget yang kita miliki.
Misalnya, kamu adalah pengusaha jasa wisata di Bali, bisa coba menggunakan platform Google Ads. Karena wisatawan internasional itu paling banyak menggunakan Google. Jadi pas banget bagi Kamu buat Cara Gaet Turis untuk Datang ke Bali dengan Google Ads.
Hitung Biaya per-Klik
Kita perlu memperhitungkan biaya per klik atau di kenal dengan istilah cost-per-click (CPC) pada platform iklan yang kita gunakan. CPC adalah biaya yang harus kita bayar setiap kali seseorang mengklik iklan kita. Semakin besar CPC, semakin besar juga budget yang Anda butuhkan. Jadi, jangan main asal menentukan budget ya. Bisa-bisa bukannya untung malah jadi bunting.
Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menentukan minimal budget beriklan. Namun, ingatlah bahwa menentukan budget bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan kampanye iklan kita. Selalu perhatikan juga aspek-aspek lain seperti konten iklan, target audiens, dan pengaturan kampanye iklan secara keseluruhan. Mulailah iklan kamu dari sekarang juga dengan menentukan tujuan, target audiens, dan jenis platform iklan yang ingin Anda gunakan, dan perhatikan biaya per klik pada platform iklan tersebut. Dengan begitu, kita bisa menentukan minimal budget beriklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.
Komentar Terbaru