Apakah Anda masih merasa bingung tentang perbedaan beriklan di Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads? Jangan khawatir, kami akan membahasnya dengan lengkap di artikel ini. Ngomong – ngomong Google Ads, kini Anda tak perlu bingung lagi mencari jasa google Ads. Banyak kok di kota – kota besar apa lagi. Mau Google Ads Jogja, Jakarta bahkan jasa Google Ads Bali pun ada. Banyak artikel rekomendasi jasa Google Ads Bali yang siap jadi referensi. 

Seperti yang kita tahu bahwa google ads adalah platform periklanan PPC (pay per click). Pengiklan hanya perlu membayar iklan yang muncul di Google saat audiens target mengkliknya. Facebook ads merupakan fitur yang ditawarkan oleh Facebook yang digunakan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk atau jasa, yang jangkauannya dapat diatur sendiri oleh pengiklan.

Sementara itu, Instagram ads adalah adalah platform periklanan yang diberikan langsung oleh Instagram. Pengusaha telah banyak menggunakan Instagram ads ini untuk mengiklankan atau mempromosikan layanan dan produk. 

Penasaran gak sih apa saja perbedaannya ? Langsung saja simak ulasan berikut ini. 

Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads? Apa bedanya?

Facebook Ads, Google Ads dan Instagram Ads

Cara Penayangan Iklan

Perbedaan pertama yang paling terlihat antara Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram ads adalah bagaimana mereka mempresentasikan produk/layanan mereka kepada pelanggan. 

Facebook menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan minat mereka, sementara Google menampilkan iklan yang paling relevan kepada orang yang mencari produk. Selain itu, instagram ads memungkinkan pengguna untuk menampilkan iklan di feed Instagram dan story. Tentunya Instagram Ads juga menawarkan banyak fitur menarik lainnya agar iklan dapat berjalan dengan lancar, tepat sasaran dan meraih kesuksesan. 

Penargetan Audiens

Karena Google Ads hanya menampilkan iklan yang cocok dengan kata kunci atau lokasi pengguna, maka Anda perlu menargetkan orang yang menelusuri kata kuncinya di wilayah geografis tertentu. Ya, penargetan audiens ini menjadi faktor perbedaan beriklan di Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads selanjutnya yang perlu Anda ketahui.

Sementara itu, facebook ads memungkinkan Anda menargetkan orang berdasarkan perilaku dan pola pilihan mereka.  Dan untuk Instagram sendiri, kini menjadi salah satu platform yang tepat untuk mendorong engagement yang bisa dibilang tinggi. Faktanya, sebagian besar brand yakin Instagram mampu mendorong engagement dengan baik.

Facebook Ads, Google Ads dan Instagram Ads

Biaya iklan

Tentu saja biaya iklan Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads berbeda. Menurut Databox, iklan digital dengan Facebook Ads biasanya lebih murah daripada Google Ads. Namun, kembali lagi ke audiens yang dituju. Secara umum, semakin banyak audiens yang Anda miliki, semakin banyak biaya yang harus Anda keluarkan. 

Pada saat yang sama, Google Ads menentukan harga iklan berdasarkan kata kunci yang digunakan. Kata kunci yang bagus atau lebih populer (lebih banyak dicari dan peringkat mesin pencari) yang Anda pilih, semakin mahal biaya iklannya. 

Sementara itu, biaya iklan Instagram bergantung pada durasi promosi Anda. Semakin lama masa iklan, semakin mahal pula biaya iklan Instagram. Biaya per klik juga memengaruhi biaya iklan karena skor relevansi.

Terus, mana yang Lebih Baik?

Pada dasarnya, Anda bisa memilih platform periklanan digital yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik iklan Google, Instagram, maupun iklan Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda juga dapat menggunakan ketiga penyedia iklan tersebut untuk memaksimalkan kampanye iklan digital Anda.Itulah beberapa perbedaan beriklan di Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads yang perlu Anda ketahui. Google ads, instagram ads, dan facebook ads adalah bagian unik dari bisnis yang dapat membawa kesuksesan bisnis Anda.  Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan ketiganya harus berdasarkan promosi atau kampanye yang sedang berlangsung. Dengan bergantung pada sasaran dan tujuan bisnis Anda, Anda juga dapat menggunakan ketiganya atau salah satunya lho.