Saat sudah mantap untuk menggunakan Google Ads tentu saja Anda paham, ada biaya beriklan di Google Ads yang harus Anda tanggung. Berapa besaran biaya iklan Adwords? Jumlah biayanya beragam. Fleksibel dalam pembayaran adalah salah satu kelebihan dari beriklan di Google. Sebelum membahas hal tersebut, mari cari tahu hal yang mempengaruhi besaran biaya beriklan. Apa sajakah itu?
Table of Contents
Hal yang Mempengaruhi Biaya Beriklan di Google Ads
Pemilihan Kata Kunci
Pemilihan kata kunci menjadi hal pertama ketika ingin menghitung biaya beriklan di Google. Setiap kata kunci tentunya memiliki harga yang berbeda – beda. Kata kunci yang mahal adalah kata kunci yang bagus serta pencarian yang banyak.
Pencarian Kata Kunci
Relevansi dan intensitas pencarian kata kunci sangat berpengaruh pada biaya pengiklanan. Semakin tinggi intensitas orang yang mencari kata kunci tersebut maka akan semakin mahal pula harganya. Ubbersuggest bisa menjadi alat bantu untuk mencari kata kunci terbaik. Anda juga perlu paham tentang jenis kata kunci Google Ads.
Biaya Per Klik
Kebanyakan iklan di Google menggunakan sistem pembayaran per satu klik pada iklan yang ditayangkan. Masih menggunakan tools ubersuggest, Anda bisa mengetahui harga rekomendasi yang diberikan oleh Google Anda bisa melihatnya di halaman pencarian kata pada kolom Cost per Click (CPC).
Ekspektasi CTR
Jika Anda sudah berada di fase ini, Anda belum bisa memastikan kisaran jumlah biaya iklan Google Ads. Hal ini tentu saja karena Anda perlu mempertimbangkan ekspektasi CTR. CTR atau Click Through Rate merupakan perbandingan antara jumlah klik terhadap jumlah tayangan iklan.
Cara Menghitung Biaya Beriklan di Google Ads
Rumus yang umumnya digunakan untuk perkiraan anggaran beriklan di Google Ads adalah volume penelusuran bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR. Maka jika bisa diberi studi kasus :
Estimasi biaya iklan kata kunci “Baju pria” = volume volume penelusuran bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR. Jadi.
Estimasi biaya iklan kata kunci “Baju pria” = 27.100 x 1319,16 x 10% = Rp. 3.574.924.
Hasil ini, hanyalah estimasi biaya pengiklanan untuk satu bulan saja. Tentu hasil ini bisa jadi kurang atau bisa jadi lebih. Itulah cara mudah untuk menghitung biaya beriklan di Google Ads. Namun, jika Anda masih bingung, Anda bisa mempercayakan saja kepada Jasa Google Ads karena dini ini sudah banyak orang yang membuka jasa mengiklankan suatu produk di Google.
Komentar Terbaru