Pahami Jenis Keyword Google Ads

Keuntungan yang ditawarkan ketika beriklan di Google Ads tentu ada banyak. Namun, sayangnya dibalik banyaknya keuntungan tersebut Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk jenis keyword Google Ads apa yang Anda gunakan.

Ya, ketika Anda membuat bid ketika akan beriklan di Google Ads Anda harus memilih keyword match type atau jenis pencocokan kata kunci agar iklan bisa sukses. Pencocokan kata kunci ini memiliki peranan penting pada bagaimana iklan Anda bisa muncul ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci yang masih ada hubungannya dengan iklan Anda.

Ada 4 jenis pencocokan kata kunci Google Ads. Apa sajakah itu? Exact match, phrase match, broad match, broad match modifier, dan negative match adalah jenis kata kunci yang umum digunakan dalam Google Ads. Untuk semakin jelas lagi mengenai kelima jenis keyword Google Ads tersebut, mari kita sedikit membahasnya.

Jenis Keyword Google Ads

Pahami Jenis Keyword Google Ads

Exact Match

Exact match adalah pengaturan pencocokan kata kunci yang paling spesifik. Dengan menggunakan pengaturan yang satu ini, iklan Anda hanya akan muncul ketika ada seseorang yang mengetikkan query yang sama persis seperti kata kunci yang Anda bid.

Namun Google Ads memberikan modifikasi pada jenis pencocokan kata kunci ini. Sehingga kata kunci yang mirip dengan kata kunci yang di bid bisa membuat iklan Anda muncul.

Sebagai contoh, ketika ada seseorang yang mengiklankan baju untuk pria maka ketika menggunakan pencocokan kata kunci jenis ini, iklan tersebut akan muncul ketika ada pengguna yang mengetikan “baju pria” atau “baju laki – laki” dan tidak akan muncul di kata kunci “baju pria polos warna putih”.

Phrase Match

Hampir mirip dengan exact match, phrase match hanya akan memunculkan iklan ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci sesuai atau mendekati. kata kunci yang Anda bid. Namun phrase match juga memunculkan iklan ketika seseorang menambahkan imbuhan kata di sebelum ataupun sesudah kata kunci.

Contohnya saja, ketika ada seseorang yang mengiklankan baju untuk pria maka jika menggunakan kata kunci pencocokan jenis ini, iklan akan muncul ketika seseorang mengetikkan kata kunci “baju pria”, “baju pria untuk main” namun tidak akan muncul jika mengetikkan kata kunci “model baju pria”.

Broad Match

Jangkauan iklan akan menjadi luas lagi jika menggunakan kata kunci jenis ini. Bahkan saking luasnya bisa jadi mendekati atau secara garis besar memiliki arti yang mendekati kata kunci Anda. Seseorang akan melihat iklan Anda meskipun orang tersebut menggunakan sinonim ataupun salah mengeja.

Misalkan jika iklan Anda tentang baju pria dan menggunakan jenis keyword Google Ads ini maka iklan Anda akan muncul dari kata “baju pria”, “baju laki – laki” hingga “model baju untuk pria”.

Broad Match Modifier

Broad Match Modifier merupakan persilangan antara broad match dan phrase match. Jenis kata kunci yang satu ini menawarkan kendali penargetan pada tingkat tinggi dari pada jenis keyword Google Ads sebelumnya.

Hal ini karena iklan tidak akan muncul ketika pengguna mengetikkan kata kunci menggunakan kata sinonim ataupun kata kunci yang relevan. Tidak seperti phase match, iklan Google Ads Anda akan muncul ketika seseorang mencari dengan kata yang berbeda.

Misalkan saja ketika Anda beriklan mengenai baju pria menggunakan pencocokan kata kunci ini maka iklan Anda akan muncul di semua kata kunci kecuali “model baju pria”.

Negative Match 

Dengan menggunakan jenis pencocokan kata kunci ini, sangat memungkinkan Anda membuat permintaan yang menghentikan tampilan iklan. Sebagai contoh ketika Anda menggunakan pencocokan kata kunci ini dan Anda beriklan baju pria maka Anda bisa menyetel iklan agar tidak muncul di kata kunci “baju wanita”.

Nah itulah jenis keyword Google Ads yang ada. Dengan adanya ulasan ini, semoga strategi iklan Google Ads yang Anda buat dalam beriklan jadi makin matang. Selain itu, tujuan dan goals beriklan di Google pun makin terlihat dengan jelas.