Anchor Text dalam SEO apakah sepenting itu? Jika kita tidak melakukannya dengan benar bagaimana? Akankah berdampak pada rangking di mesin pencari? Mungkin pertanyaan tersebut menjadi salah satu pertanyaan yang hinggap di kepala Anda apalagi jika Anda baru atau sedang belajar mengenai teknik promosi di internet yang paling banyak digunakan selain Google Ads ini.
Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas mengenai anchor text serta manfaat yang dihasilkannya dalam optimasi menggunakan search engine optimization. Nah yang pertama, mari kita lihat dari segi pengertiannya terlebih dahulu :
Table of Contents
Anchor Text Adalah…..
Anchor Text sendiri dapat diartikan sebagai text yang mana text tersebut memiliki link yang bisa di klik oleh pengunjung website. Bentuk dari anchor text ini tidak sama seperti text biasanya. Umumnya di mesin pencari, anchor text memiliki warna biru atau bisa juga warna lainnya (jika pemilik website melakukan kustomisasi) serta umumnya text tersebut digaris bawahi. Teks ini memiliki fungsi untuk membantu pengguna dan mesin pencari mengenai eksternal link maupun internal link yang ditautkan.
Sebagai contoh, Jasa SEO Jakarta adalah anchor text yang mengarah ke salah satu halaman kami yakni halaman mengenai Jasa SEO Jakarta. Jika dilihat dari source code, kurang lebih bentuknya akan menjadi seperti :
<a href=”https://www.jasaadwords.my.id/jasa-seo-jakarta/”>Jasa SEO Jakarta</a>
Mengapa Anchor Text Penting?
Prinsipnya, Google juga mengandalkan anchor teks untuk mengetahui sebuah informasi mengenai suatu halaman. Bagi mesin pencari seperti Google, anchor teks merupakan sebuah deskripsi dari isi konten. Semakin banyak orang yang merujuk ke suatu halaman maka semakin relevan sebuah konten dengan apa yang dicari oleh pengguna mesin pencari. Jadi, secara tidak langsung, anchor text memiliki manfaat untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.
Jenis Anchor Text dalam SEO
Generic Anchor Text
Contoh penggunaan anchor text jenis yang satu ini adalah menggunakan kata kata seperti “Klik di Sini”, “Download Sekarang” atau kata kata serupa. Generic Anchor Text menyebutkan sesuatu yang simple tapi luas. Umumnya juga, jenis yang satu ini menggunakan kata – kata call to action untuk menarik perhatian pengunjung.
Branded Anchor Text
Dari namanya saja sudah jelas jika branded anchor text merupakan sebuah anchor text yang menggunakan nama brand untuk textnya. Ini cara yang paling aman untuk pengguna anchor text dalam SEO serta fungsi yang lainnya mampu membuat pondasi jauh lebih kuat terutama untuk homepage website sehingga Google jadi tahu laman mana saja yang bisa sedang menjadi target.
Naked Anchor Text
Naked Anchor Text merupakan penggunaan text yang mengarah link langsung menuju ke homepage dengan menggunakan anchor nama domain utama. Anchor jenis yang satu ini juga termasuk ke jenis anchor text yang bisa memperkuat homepage website Anda. Contoh dari naked anchor text yakni : moz.com.
Brand + Keyword Anchor Text
Jenis Anchor Text yang keempat adalah kombinasi dari branded dan anchor text. Jenis anchor seperti ini sangat bagus untuk brand awareness di kedepannya karena bisa membuat brand Anda teringat di benak pengguna. Contoh dari jenis ini adalah jasaadwords.my.id Jasa Google Ads.
Images Anchor Text
Images anchor text ini seperti namanya bermanfaat untuk postingan berupa gambar dengan link anchor. Caranya cukup mudah saja, Anda hanya tinggal mengubah pada bagian “alt text atau alternative text dengan sebuah link.
LSI Anchor Text
LSI sendiri memiliki kepanjangan dari latent semantic indexing yang mana merupakan keyword yang masih ada kaitannya dengan keyword utama. Untuk mendapatkan LSI sendiri, Anda bisa menggunakan tools riset keyword. Penggunaan LSI untuk anchor text mampu memperkuat keyword utama yang sedang ditargetkan.
Long Tail Anchor Text
Long tail anchor text paling banyak praktisi SEO gunakan karena umumnya bisa jadi variasi dalam menggunakan anchor text. Jenis keyword yang satu ini adalah keyword turunan yang mana kata kuncinya lebih dari 3 kata. Fungsi dari long tail keyword dijadikan anchor text dalam SEO hampir sama dengan poin yang sebelumnya yaitu memperkuat keberadaan keyword utama.
Exact Match Anchor Text
Jenis yang terakhir adalah exact match anchor text. Ini merupakan jenis yang paling penting untuk diperhatikan. Jangan sampai salah, karena jika salah bisa membuat website menurun peringkatnya namun jika benar maka rangking website akan meningkat. Exact Match adalah kata kunci yang sedang dioptimalkan. Penempatannya harus sesuai serta jumlahnya tidak boleh terlalu banyak. Anda perlu untuk mengkombinasikan dengan tipe anchor text yang lainnya.
Cara Menggunakan Anchor Text dalam SEO
Pada dasarnya, cara untuk menggunakan anchor text sangat mudah. Anda hanya tinggal blok kalimat atau kata mana saja yang akan Anda link-kan lalu insert link di dalamnya. Saya yakin semua orang bisa melakukannya. Yang sedikit tricky adalah bagaimana cara untuk mengkombinasikannya. Memangnya bagaimana caranya? Ini dia tips dalam menggunakan anchor text.
Perhatikan Relevansi
Tips yang pertama adalah perhatikan relevansi antara kata yang akan jadi anchor text dan isi dari link yang nantinya akan Anda sisipkan. Dapat dikutip dari Neil Patel, anchor text yang relevan dengan isinya jauh lebih mudah untuk berada di rangking tertinggi dalam SERPs.
Variasikan Anchor Text yang Anda Miliki
Dari semua jenis anchor text yang telah ada di atas, Anda tidak bisa memilih untuk menggunakan salah satunya saja. Anda harus mengkombinasikannya agar memiliki kesan yang tidak spam.
Kurangi Penggunaan Generic Anchor Text
Sebisa mungkin untuk tidak menggunakan jenis generic secara masif. Jenis anchor text yang satu ini kurang mencerminkan apa yang akan Anda sampaikan ke pengunjung. Selain itu, Google sulit untuk mendeteksi jenis anchor text yang satu ini.
Memaksimalkan Halaman dengan Topik yang Mendalam
Tips penggunaan anchor text selanjutnya adalah dengan memaksimalkan halaman topik yang mendalam. Memang umumnya anchor text ke homepage jumlahnya banyak, namun Anda bisa mulai menguranginya.
Natural
Agar tidak terdeteksi spam oleh Google, yang harus Anda lakukan adalah dengan meletakkannya secara natural mungkin. Jangan memaksakan keyword dan anchor text yang kurang sesuai dengan tempatnya.
Nah itulah serba serbi anchor text dalam SEO yang harus penggiat SEO ketahui. Semoga dengan adanya artikel yang satu ini tujuan SEO website Anda bisa tercapai sehingga Anda bisa merasakan kebaikan – kebaikan dari penggunaan SEO ini.
Komentar Terbaru