Seperti banyak pebisnis lainnya, Anda mungkin ingin mempelajari tetapi belum mengetahui Cara Belajar Google Ads Mulai dari Mana. Tentu saja, untuk menggunakannya memanglah harus belajar. Anda dapat memulai dengan mempelajari apa itu Google Ads dan cara kerjanya. Berikut adalah beberapa referensi untuk membantu mempercepat prosesnya.

Apa itu Google Ads?

Google Ads merupakan platform periklanan PPC atau Pay Per Click yang ditawarkan oleh Google. Awalnya bernama Google Adwords, namun pada tahun 2018 mereka mengubah namanya menjadi Google Ads.

Pada dasarnya tetap sama. Saat orang mencari di Google berdasarkan kata kunci, mereka mendapatkan hasil di SERP atau Search Engine Results Page. Hasil tersebut Anda dapat melihat bahwa di bagian atas atau bawah SERP terkadang ada hasil yang berlabel Iklan atau Ads. Mereka terlihat hampir mirip dengan hasil pencarian organik kecuali ada label tebal tersebut.

Itu bagus untuk pebisnis karena hasil Page One di Google biasanya mendapatkan banyak klik. Namun ingat bahwa, memasang iklan di Google tidak berarti memastikan posisi paling atas. Karena terkadang akan ada orang lain yang bersaing untuk kata kunci yang sama lewat Google Ads. Selain itu, perlu diketahui Google memiliki platform lain untuk menampilkan iklan. Yaitu, Google AdMob dalam Google Ads digunakan untuk menampilkan iklan pada aplikasi.

Cara Kerja Google Ads

Cara Belajar Google Ads

Google Ads menggunakan sistem Pay Per Click atau Bayar Per Klik. Itu berarti Anda menargetkan kata kunci tertentu di Google dan mengajukan tawaran, lalu bersaing dengan orang lain yang juga menargetkan kata kunci tersebut. Bahkan Anda bisa saja bersaing dengan Jasa Iklan Google yang telah ahli menggunakan platform ini.

Anda memiliki 3 opsi:

  • CPC (Cost Per Click), Anda harus membayar saat pengguna mengklik iklan.
  • CPM (Cost Per Mille), Anda harus membayar per 1000 tayangan iklan.
  • CPE (Cost Per Engagement), Anda harus membayar saat pengguna melakukan aktivitas tertentu pada iklan. Misalnya mendaftar, menonton video, dll.

Setelah itu Google mengambil jumlah tawaran dan memasangkannya dengan penilaian iklan yang disebut Quality Score. Itu merupakan perkiraan kualitas iklan dan kata kunci. Iklan berkualitas tinggi dapat menghasilkan harga yang lebih murah dengan posisi iklan yang lebih bagus. Score angka antara 1 sampai 10, dengan 10 sebagai yang terbaik. Semakin tinggi angka, semakin bagus peringkat, dan semakin sedikit yang harus Anda keluarkan.

Cara Mulai Menggunakan Google Ads

Tetapkan Tujuan

Hal terpenting tentang Cara Belajar Google Ads Mulai dari Mana adalah pastikan memiliki pemahaman tentang tujuan Anda. Untuk apa Anda menggunakan Google Ads, untuk berjualan atau branding? Jenis campaign yang Anda pilih akan bergantung pada hal ini.

Siapkan Akun

Anda memiliki opsi untuk membuat akun menggunakan akun Google yang ada. Atau membuat akun baru khusus untuk Google Ads. Bagi pengguna baru, terkadang ada Cara Mendapatkan Kupon Google Ads. Untuk permulaan, sebaiknya Anda memanfaatkannya.

Identifikasi Kata Kunci

Pengiklan menggunakan Google Ads dengan menawar kata kunci yang relevan dengan bisnis mereka agar iklan mereka muncul di SERP. Ada banyak cara berbeda untuk melakukan riset kata kunci, misalnya menggunakan Ubersuggest.

Cara Belajar Google Ads

Buat Campaign

Setelah akun dibuat, saatnya membuat campaign. Anda harus memilih jenis, menetapkan jadwal, menentukan budget, menambahkan kata kunci, dll.

Buat Iklan

Buat iklan dengan menulis iklan yang efektif, karena Anda memiliki ruang terbatas untuk menyusun pesan yang menarik dan persuasif.

Laporan Kinerja

Penting untuk memeriksa campaign Anda secara teratur sehingga Anda dapat memanfaatkan apa yang berhasil dan membuang apa yang tidak berhasil.

Mengoptimalkan

Campaign yang sempurna tidak pernah selesai karena platform selalu berubah. Untuk itu Anda harus selalu mengoptimalkan berdasarkan laporan kinerja.Pada awalnya sepertinya tidak mudah untuk mengetahui Cara Belajar Google Ads Mulai dari Mana. Tapi jika berhasil memahami intinya akan menjadi pembelajaran yang menantang. Anda harus menawar kata kunci, menetapkan budget, membuat campaign, dan mengoptimalkannya.