
Cara riset keyword di Google Ads merupakan pertanyaan yang sering dipertanyakan karena step yang satu ini sedikit “tricky” sebab harus mempertimbangkan beberapa hal. Umumnya untuk melakukan riset kata kunci, menggunakan tools.
Tools untuk riset ada banyak macamnya. Namun umumnya riset keyword untuk Google Ads menggunakan tools Google Keyword Planner. Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis tanpa dipungut biaya. Menggunakan tools bawaan dari Google Ads juga termasuk strategi iklan di Google Ads yang patut untuk dicoba. Yuk kenalan dengan Keyword Planner!
Table of Contents
Apa itu Google Keyword Planner?
Google Keyword Planner merupakan tools riset yang termasuk ke dalam layanan dari Google Ads. Dengan menggunakan Google Keyword Planner Anda dapat mengetahui volume keyword yang paling besar, memilih keyword terbaik serta bisa juga mengetahui keyword yang digunakan oleh kompetitor.
Jika Anda ingin menggunakan tools Google Keyword Planner ini, Anda harus memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, tools ini gratis. Untuk mendaftarnya bagaimana? Nih tutorialnya!
Cara Daftar Google Keyword Planner

- Buka laman di Google Ads
- Cari tombol “Go to Keyword Planner”
- Setelah klik tombol tersebut, Anda akan diarahkan ke bagian setting tujuan dan gaols beriklan di Google Ads. Jangan klik 3 pilihan tersebut, pilihlah tulisan “Experience with Google Ads”
- Setelah memilih pilihan tadi, Anda akan diarahkan untuk membuat campaign. Namun jangan buat campaign terlebih dahulu karena fokus kita tidak untuk beriklan. Pilihlah pilihan “Create an Account Without a Campaign” lalu klik selanjutnya
- Akun sudah jadi, Anda sudah berada di halaman dashboard Google Ads
- Untuk menggunakan Google Keyword Planner, pilih menu tools dan pilih “switch to expert mode”
- Masih di menu tools, pilih Google Keyword Planner
- Selesai
Mudah bukan untuk cara daftar Google Keyword Planner? Nah untuk cara risetnya bagaimana? Berikut ini cara untuk riset keyword di Keyword Planner yang merupakan tool bawaan Google Ads.
Cara Riset Keyword di Google Ads
Untuk cara meriset di Google Keyword Planner ada dua cara. Cara yang pertama yakni dengan memasukkan kata kunci yang ingin Anda riset ke dalam search bar, lalu cara yang kedua adalah dengan memasukkan web milik Anda ke search bar yang ada di keyword planner. Untuk selengkapnya, lihat penjelasannya di bawah.
Memasukan Kata Kunci yang Ingin di Riset
Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu memasukkan kata kunci utama di dalam search bar yang sudah tersedia. Anda bisa memasukkan kata kunci dalam jumlah yang banyak sekaligus.
Misalnya, pada gambar di bawah ini kami memasukkan kata kunci tentang “Jasa Ads” dan “Google Ads”. Google Keyword Planner akan memaksimalkan pencarian sampai 10 kata kunci dalam satu kali riset. Setelah memasukkan keyword lalu klik “get result” dan akan nampak seperti gambar di bawah ini :

Dari gambar di atas, Google menyediakan beberapa informasi seperti competition (tingkat kesulitan jika ingin memenangkan keyword tersebut), informasi tersebut mulai dari average monthly search (rata – rata pencarian kata kunci tiap bulan), top of page bid (high range) (harga tertinggi yang diajukan dalam beriklan), top of page bid (low range) (harga terendah yang diajukan untuk beriklan), broaden your search (saran kata kunci yang masih relevan kata kunci yang Anda cari).
Memasukkan Alamat Situs di Google Keyword Planner
Hampir sama seperti step tadi, bedanya isilah pada bagian situs :

Nah setelah klik selanjutnya, maka Google akan menampilkan kata kunci – kata kunci yang sesuai dengan website milik Anda seperti di bawah ini :

Kesimpulan
Tak perlu tools premium, selama Anda bisa memahami dan mengerti tools yang ada hasilnya tak kalah dengan yang menggunakan tools – tools berbayar yang tak jarang memiliki harga yang mahal. Tools Google Keyword Planner bahkan menjadi andalan digital marketer handal.
Komentar Terbaru