Resiko Menggunakan Black Hat SEO

Black hat SEO adalah sebuah teknik yang “memanipulasi” algoritma Google dan sebaiknya Anda hindari. Mungkin dampak dari penggunaan teknik yang satu ini bisa Anda rasakan secara cepat namun hasilnya tidak akan bertahan lama. Lebih parah lagi jika ketahuan oleh Google salah satu resikonya adalah deindex. Namun tentu saja bukan hanya itu saja resiko menggunakan black hat SEO. Ada banyak lagi resiko – resiko yang lainnya. 

Kenali Teknik Black Hat SEO

Sama seperti teknik SEO yang lainnya. Tujuan utama black hat SEO adalah mendapatkan peringkat terbaik di website namun cara yang digunakan melanggar pedoman mesin telusur. Ya benar sekali. Black hat SEO seperti yang sudah dijelaskan di atas, black hat SEO mencoba untuk memanipulasi algoritma Google sehingga bisa berada di halaman satu Google.

Contoh teknik black hat SEO yang banyak digunakan adalah keyword stuffing SEO, content scraping, spam komentar, hidden text, dan masih banyak lainnya contoh – contoh black hat SEO.

Search Engine seperti Google hingga Bing tidak ada yang menyukai teknik ini. Mereka tidak akan segan – segan menjatuhi “hukuman” untuk pemilik website yang terbukti menggunakan teknik – teknik black hat SEO. Apa saja resiko – resiko tersebut?

Resiko Menggunakan Black Hat SEO

Resiko Menggunakan Black Hat SEO

Ada risiko signifikan yang terlibat ketika menggunakan black hat SEO dalam menentukan peringkat dalam situs website. Dengan adanya resiko inilah yang membuat beberapa pemilik situs mulai menghindari penggunaan black hat SEO. Namun ini baru sebagian. Masih ada sebagian lagi yang entah dengan sengaja atau tidak menggunakan black hat SEO.

Jika dilihat dari Google’s Webmaster Guidelines, kita dapat melihat dengan jelas prinsip dasar mengenai SEO yakni : 

Avoid tricks intended to improve search engine rankings. A good rule of thumb is whether you’d feel comfortable explaining what you’ve done to a website that competes with you, or to a Google employee. Another useful test is to ask, “Does this help my users? Would I do this if search engines didn’t exist?

“Hindari cara yang dimaksudkan (black hat SEO) untuk meningkatkan ranking di search engine. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke website yang bersaing dengan Anda, atau kepada perwakilan Google. Tes lain yang berguna adalah bertanya, “Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?”

Ya hal itu benar sekali. Teknik ini sangat tidak membantu pengguna Google sama sekali dan mereka mungkin saja tidak akan melakukan hal ini jika Search Engine seperti Google tidak ada karena semata – mata yang dikejar hanya peringkat saja.

3 Alasan Harus Menghindari Black Hat SEO

Resiko Menggunakan Black Hat SEO

Apa skenario terburuk yang mungkin terjadi ketika seseorang menggunakan black hat SEO untuk menaikkan sebuah situs? Berikut ini ada tiga alasan yang mendasari mengapa Anda sebaiknya tidak menggunakan black hat SEO untuk website Anda.

Berdampak Negatif pada Rangking Visibility

Alasan utama sebaiknya tidak menggunakan black hat SEO adalah kkhakan kehilangan ranking, visibilitas, atau bahkan mempengaruhi traffic juga. Ketika website kehilangan ranking, traffic, dan visibilitasnya maka kemungkinan besar konversi situs juga akan menurun.

Jika terjadi terus menerus, maka akan terjadi pengurangan pendapatan bisnis. Ini jelas sesuatu yang tidak ingin terjadi pada Anda bukan? Jika skenario ini terjadi, Anda masih bisa menggunakan website tersebut, namun harus mengoptimasikannya menggunakan iklan Google Ads. Google Ads memang bagus namun tidak bagus untuk jangka panjang. 

Tidak Ada Hasil Jangka Panjang

Seperti yang sudah tertera di atas, ketika Anda menggunakan teknik yang satu ini hasilnya tidak akan bertahan lama. Jadi, rasanya percuma saja mengoptimasi dengan cara cara black hat SEO jika hasil yang Anda dapat tidak bertahan lama. Belum lagi banyaknya resiko yang mengintainya. 

User Experience yang Kurang Bagus

Karena tujuan utama dari optimasi black hat SEO adalah mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencari dan umumnya mengabaikan kepentingan user. Ini jelas bukan seperti yang Google inginkan. Seperti yang sudah dipublikasikan dengan nyata, Google sangat mengedepankankan user experience.

Nah itulah beberapa hal mengenai resiko menggunakan black hat SEO yang sebaiknya Anda hindari. Semoga Anda tidak tergiur dengan teknik teknik seperti ini. Jika Anda merasa kewalahan, mungkin Anda bisa menggunakan Jasa SEO Website untuk membantu Anda. Kini jasa SEO sudah banyak terdapat di kota kota besar seperti Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Malang, Jasa SEO Jogja, Jasa SEO Bali dan yang lainnya.